Megawati Sebut Ada 3 Rumus Landasan Pancasila, Ini Kata Ganjar Pranowo

- 1 Juni 2021, 15:12 WIB
Mengambarkan Bung Karno sedang rapat 9 yang diketuai oleh dirinya.
Mengambarkan Bung Karno sedang rapat 9 yang diketuai oleh dirinya. /Dok. Instagram @ganjar_pranowo/

PRIANGANTIMURNEWS- Anak kedua Mantan Presiden pertama Indonesia Bung Karno, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri menyebutkan didalam video yang diunggah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ada 3 rumus landasan lahirnya Pancasila.

Dikutif priangantimurnews.com dari akun Instagram pribadi Ganjar_pranowo dalam video pidatonya, Megawati menyebutkan, sejak Indonesia merdeka tahun 1945 kita telah menetapkan sebuah dasar negara berlandaskan Pancasila.

"Secara historis ada tiga rumus dasar negara rumusan konsep Bung Karno yang disampaikan pada pidato tgl 1 Juni 1945 berarti kita belum merdeka dalam sidang penyelidik Badan Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK)," kata, Megawati. Selasa 1 Juni 2021.

Baca Juga: Curug Rahong Menelan Korban Jiwa, 2 Remaja Meninggal Dunia saat bermain Air

Ia menyebutkan, historis ke dua rumusan panitia sembilan yang diketuai Bung Karno dalam piagam Jakarta tgl 22 Juni 1945

Rumus ke tiga rumusan final dalam pembukaan Undang-undang dasar 1945 yang disiapkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) Pada tgl 19 Agustus 1945 yang diketuai Bung Karno.

Megawati menyebutkan Pancasila ada satu tidak ada dua atau tidak ada tiga yakni pancasila yang termaktuf pada sila alinea ke empat pembukaan UUD 1945.

"Proses pembentukanya dimulai dari pidato Bung Karno pada tgl 1 Juni 1945 dan berkembang dalam naskah piagam Jakarta tgl 22 Juni 1945 oleh panitia 9 hingga tercapai Konsensus nasional tgl 18 Agustus oleh panitia persiapan kemerdekaan," katanya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kembali Datangkan 75,9 Juta Dosis Vaksin Bentuk Jadi dan 8 Ribu Mentah

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @ganjar_pranowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah