Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Perkuat Pertahanan Negara dengan Resimen Kadet Mahasiswa

- 10 Juni 2021, 09:13 WIB
  Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sedang  mengontrol pasukan Resimen Kadet Mahasiswa
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sedang mengontrol pasukan Resimen Kadet Mahasiswa / Instagram @kemhanri /

PRIANGANTIMURNEWS - Sebagai wujud sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meresmikan Resimen Kadet Mahasiswa Universitas Pertahanan (Unhan) di Lapangan Bhineka Tunggal Ika Kemhan Jakarta.

“Resimen kadet mahasiswa mereka adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Prabowo dikutip priangantimurnews.com dari akun Instagram @kemhanri Kamis 10 Juni 2021.

Resimen kadet mahasiswa ini merupakan salah satu komponen cadangan (Komcad) serta SDM pertahanan negara.

Baca Juga: Kemenkes RI Jelaskan Pentingnya Lakukan Isolasi Mandiri Saat Terpapar Covid-19

"Untuk memperkuat pertahanan negara setiap universitas disarankan memiliki wadah yang tepat seperti resimen kadet ini agar setiap mahasiswa dipersiapkan menjadi bagian komunitas pertahanan," kata Menhan RI.

Prabowo menyebutkan, dengan terbentuknya resimen kadet mahasiswa S1 Unhan diharapkan memiliki wadah mengimplementasikan jiwa kepemimpinan dan semangat berorganisasi, berperan serta dalam menjembatani antara pembina, pengasuh dalam mengawasi tata tertib kadet.

Pembina, pengasuh diharapkan dapat mengkoordinir dan menyalurkan aspirasi kadet baik yang bersifat intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.

Baca Juga: Rumor Transfer Barcelona: dari Penandatanganan Memphis Depay, hingga Peluang Masuknya Gelandang Jerman

Kami berharap, Rektor Unhan dapat membangun gairah dan semangat belajar kadet, membangun jiwa korsa korps kadet, berinisiatif dalam menunjang keberhasilan berbagai kegiatan, menyusun rencana kegiatan serta dapat berkoordinasi dengan pembina kadet.

Unhan RI merupakan kampus bela negara, karenanya terus mendorong para mahasiswa, dosen dan tenaga pendukung pendidikan termasuk para kadet mahasiswa untuk selalu meningkatkan kualitas, kuantitas kreativitas maupun kapasitas dalam mendukung terwujudnya visi dan misi Unhan RI menuju ”World Class Defence University” pada tahun 2024

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @kemhanri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah