Gempa Magnitudo 8,7 dengan Tsunami 29 Meter bisa terjadi di Pantai Selatan Jatim, BMKG Sebut Potensi bukan Pre

- 11 Juni 2021, 06:26 WIB
 Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan soal Gempa Magnitudo 8,7 dengan Tsunami 29 meter bisa terjadi di Pantai Selatan Jawa Timur.

Informasi akan adanya gempa besar dengan Tsunami 29 meter sepanjang pesisir Jawa Timur tersebut tentu menimbulkan keresahan masyarakat.


Dilansir priangantimurnews.com dari paman resmi bmkg.go.id, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan Indonesia sebagai wilayah yang aktif dan rawan gempa bumi memiliki potensi gempa bumi yang dapat terjadi kapan saja dengan berbagai kekuatan (magnitudo).

Baca Juga: Mengharukan, Perjuangan Ketiga Anak SD Ini Seberangi Sungai dengan Cara Berbahaya Guna Pergi ke Sekolah


Sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi gempabumi dengan tepat dan akurat kapan, di mana, dan berapa kekuatannya, sehingga BMKG tidak pernah mengeluarkan informasi prediksi gempa bumi.


Berdasarkan hasil kajian dan pemodelan para ahli yang disampaikan pada diskusi bertajuk “Kajian dan Mitigasi Gempabumi dan Tsunami di Jawa Timur, zona lempeng selatan Jawa memiliki potensi gempa dengan magnitudo maksimum M 8,7.


Tetapi ini adalah potensi bukan prediksi yg pasti, sehingga kapan terjadinya tidak ada yang tahu.

Baca Juga: Fakta BTS Meal McDonald Banjir Orderan


Untuk itu kita semua harus melakukan upaya mitigasi struktural dan kultural dengan membangun bangunan aman gempa dan tsunami.


Pemerintah Daerah dengan dukungan Pemerintah Pusat dan Pihak Swasta menyiapkan sarana dan prasarana evakuasi yang layak dan memadai, BPBD memastikan sistem peringatan dini di daerah rawan beroperasi/ terpelihara dengan layak dan terjaga selama 24 jam tiap hari.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: bmkg.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x