Porang Komoditas Ekspor Baru dari Indonesia yang Menjanjikan

- 19 Agustus 2021, 19:48 WIB
Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan ke pabrik pengolahan porang PT. Asia Prima Konjac.
Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan ke pabrik pengolahan porang PT. Asia Prima Konjac. /Instagram @Jokowi/

PRIANGANTIMURNEWS- Iles-iles atau porang adalah tanaman penghasil umbi yang dapat diolah menjadi beras, shirataki, campuran produk kue, sampai kosmetik.

Presiden Joko Widodo, dalam kunjungannya ke pabrik pengolahan porang PT. Asia Prima Konjac yang berada di Madiun, Jawa Timur, menuturkan, bahwa porang adalah salah satu komoditi ekspor yang menjanjikan.

"Tanaman ini bakal jadi komoditas ekspor andalan baru dari Indonesia jika kita serius menggarapnya. Dan itulah yang saya pesankan kepada Menteri Pertanian, tadi ketika saya berkunjung ke pabrik pengolahan porang milik PT Asia Prima Konjac di Madiun, Jawa Timur" tulis Jokowi di akun instagramnya jokowidodo pada Kamis, 19 Agustus 2021.

Baca Juga: Denise Chariesta dan Uya Kuya Unggah Foto Bersama, Sudah Baikankah?

Menurut Presiden, Porang merupakan komoditas baru yang dapat memberikan nilai tambah yang baik tidak hanya bagi perusahaan pengolah porang, tetapi juga kepada para petani porang.

"Bayangkan, satu hektar lahan dapat menghasilkan 15 - 20 ton porang. Pada musim tanam pertama para petani dapat menghasilkan hingga 40 juta ton porang dalam 8 bulan. Nilainya sangat besar, pasarnya masih terbuka lebar" ujarnya.

Jokowi berharap pengolahan tanaman porang tidak hanya setengah jadi, tapi tanaman porang ini bisa diolah sampai menjadi beras.

Baca Juga: Kenapa Lebih Mudah Mengingat Wajah Daripada Nama?

"Ke depan, saya berharap, porang dapat diekspor tidak hanya dalam bentuk mentah dan barang setengah jadi, namun sudah dalam bentuk beras porang" pungkasnya.***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @jokowi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah