129 Pekerja Migram Indonesia Dipulangkan, 8 di Antaranya Jenazah dari Taiwan

- 22 Agustus 2021, 10:51 WIB
Pemerintah pulangkan 129 pekerja migran Indonesia dan awak Kapal yang terlantar di Taiwan
Pemerintah pulangkan 129 pekerja migran Indonesia dan awak Kapal yang terlantar di Taiwan / Instagram @kemnaker /

PRIANGANTIMURNEWS - Pemerintah Indonesia merepatriasi atau memulangkan 129 Pekerja Migran asal Indonesia (PMI) dan awak kapal dari negara Taiwan. Ke 129 PMI sudah mendarat dengan selamat di Indonesia

Ke-129 PMI dan awak kapal telah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, menggunakan pesawat Batik Air, pada pukul 04.00 WIB, setelah bertolak dari Bandara Kaohsiung, Taiwan.

"Repatriasi ini merupakan bentuk kehadiran negara dalam melindungi setiap warga negara termasuk PMI awak kapal di mana pun mereka berada," kata Menaker, Ida Fauziyah dikutip priangantimurnews.pikiran-rakyat.com dari Instagram @kemenaker Minggu 22 Agustus 2021.

Baca Juga: Indonesia Akan Produksi Jet Tempur Sendiri, Kirimkan 100 Insinyur ke Korsel

Direktur Jenderal Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Ditjen Binapenta dan PKK) Kemnaker, Suhartono, mengatakan ke 129 pekerja migran telah dipulangkan ke Indonesia.

"Dari 129 pekerja migran diantaranya 120 awak kapal, terdiri dari 105 PMI awak kapal Letter Of Guarantee (LG) yang stranded (terlantar) di perairan Taiwan, dan lima orang PMI bermasalah (WNI overstay)," ujar, Suhartono.

Lanjut Suhartono, ditambah lagi sembilan orang, diantaranya, satu orang sakit berat dan delapan jenazah. Jadi total 129 orang PMI dan awak kapal yang direpatriasi.

"Para awak kapal LG tersebut stranded sejak lama di perairan Taiwan, bahkan ada yang telah mencapai 1 tahun. Hal ini disebabkan adanya kebijakan border restriction pada saat pandemi Covid-19, sehingga awak kapal/pelaut yang bekerja pada kapal berbendera asing (Non-Taiwan), tidak diizinkan sign off atau berlabuh di Taiwan dan tidak dapat kembali ke Tanah Air," ujar Suhartono.

Baca Juga: Di Tengah Ketegangan Afghanistan Tentara AS Selamatkan Bayi

Sementara itu diungkapkan Direktur Bina Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PPMI) Kemnaker, Rendra Setiawan, menyebut, bahwa awak kapal yang dipulangkan ini berasal sejumlah kapal berbendera asing antara lain Sierre Leone, Mongolia, Panama, Palau, dan Kamerun yang stranded di Taiwan

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @kemnaker


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x