Indonesia Pindahkan Misi Diplomatik Afghanistan ke Pakistan

- 22 Agustus 2021, 19:41 WIB
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi saat konferensi pers di bandara militer Halim di Jakarta pada 21 Agustus 2021.
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi saat konferensi pers di bandara militer Halim di Jakarta pada 21 Agustus 2021. /REUTERS/

PRIANGANTIMURNEWS- Indonesia telah memindahkan misi diplomatik Afghanistan dari Kabul ke Pakistan, kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada hari Sabtu 21 Agustus 2021, setelah angkatan udaranya mengevakuasi puluhan orang setelah perebutan kekuasaan oleh Taliban.

"Untuk sementara, misi diplomatik di Kabul akan dilakukan dari Islamabad," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam sambutannya yang disiarkan televisi di bandara militer Halim, Jakarta.

Rencana awalnya adalah "melanjutkan misi diplomatik kami di Kabul dengan tim kecil" tetapi berubah karena "perkembangan baru", yang tidak disebutkannya. Dia tidak menerima pertanyaan.

Baca Juga: Ikan Gabus Membantu Pertumbuhan dan Pembentukan Otot

Bandara Kabul telah menjadi lokasi kekacauan dalam beberapa hari terakhir, dengan ribuan warga Afghanistan yang putus asa mencoba melarikan diri saat mereka mencengkeram kertas, anak-anak dan barang-barang. Orang-orang dari negara lain juga berusaha untuk pergi setelah pasukan dari Amerika Serikat dan negara-negara lain mundur.

Sedikitnya 12 orang tewas sejak gerilyawan Islam merebut ibu kota pada Minggu, kata pejabat NATO dan Taliban.

Retno menyerukan "proses politik inklusif yang dipimpin Afghanistan dan dimiliki Afghanistan" yang akan membawa perdamaian dan stabilitas di negara itu, dan untuk menegakkan hak-hak perempuan.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga Premier: Chelsea Memulai Negosiasi dengan Klub La Liga, Pemain Sevilla tak Dikejar Lagi

Empat diplomat Indonesia di misi yang berbasis di Pakistan akan menilai situasi di Afghanistan setiap hari untuk menentukan langkah selanjutnya, katanya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: The Straits Times


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x