Mensos Risma Atasi Kemiskinan Bertumpu Pada Dua Pilar

- 23 September 2021, 07:48 WIB
  Keterangan : Menteri Sosial RI Tri Rismaharini paparkan strategis atasi kemiskinan
Keterangan : Menteri Sosial RI Tri Rismaharini paparkan strategis atasi kemiskinan /Instagram @ijanj_jaelani/

PRIANGANTIMURNEWS - Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini menyampaikan strategi mengakselerasi penanganan kemiskinan, bertumpu pada dua pilar utama yakni meningkatkan pendapatan dan mengurangi pengeluaran.

Meningkatkan pendapatan dilakukan dengan menghidupkan mesin kedua perekonomian dan pelakunya bisa ibu tau bapak di dalam rumah tangga.

“Untuk menghidupkan mesin kedua bisa dilakukan dengan memberikan kesempatan kerja atau meningkatkan kemampuan kewirausahaan," kata Risma dikutip priangantimurnews.com dari Instagram @ijanj_jaelani Kamis 24 September 2021.

Baca Juga: Link Live Streaming Nonton Acara Lamaran Ria Ricis dan Teuku Ryan Hari Ini, 23 September 2021 di MNCTV

Lanjut, Risma langkah awal dalam menuju sebuah keberhasilan cegah kemiskinan dalam keluarga pasangan suami istri sama-sama memiliki kegiatan produktif.

"Pemerintah fokus pada program untuk menekan pengeluaran keluarga miskin dan rentan seperti pengeluaran sehari-hari yang menyangkut kebutuhan sandang, pangan dan papan," kata, Risma.

Di sini pemerintah mengurangi beban ekonomi melalui keberpihakan penerapan kebijakan subsidi secara proporsional dan dengan bantuan sosial yang mencakup kebutuhan pokok sembako dan kesehatan serta pendidikan.

Baca Juga: PRAKERJA Gelombang 22 Dibuka, Buruan Daftar Jangan Sampai Ketinggalan

Untuk meningkatkan pendapatan, Kemensos menghubungkan penerima manfaat yakni pemulung, gelandangan dan pengemis dengan dunia kerja, melalui peningkatan kewirausahaan sosial.

"Untuk mengurangi biaya sekolah serta perawatan kesehatan ibu hamil dan balita, Kemensos mengintervensi keluarga miskin dengan Program Keluarga Harapan (PKH)," ujarnnya.***

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @ijanj_jaelani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x