Presiden Joko Widodo Minta Daerah untuk Fokus pada Produk Unggulan Sendiri

- 21 Oktober 2021, 14:43 WIB
Presiden Joko Widodo membuka Apkasi Otonomi Expo 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu, 20 Oktober 2021. Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr
Presiden Joko Widodo membuka Apkasi Otonomi Expo 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu, 20 Oktober 2021. Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr /

PRIANGANTIMURNEWS- Presiden Joko Widodo menyambut baik terselenggaranya Otonomi Expo 2021 oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). Menurutnya, pameran ini merupakan ajang untuk memperkuat kerja sama perdagangan antardaerah.

Demikian disampaikan Presiden dalam sambutannya saat membuka Apkasi Otonomi Expo 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Rabu, 20 Oktober 2021.

“Ini merupakan ajang untuk saling tahu, saling bekerja sama memperkuat kerja sama perdagangan antardaerah, dan sekaligus juga memperkuat ekspor kita ke negara-negara lain termasuk perluasan pasar-pasar ekspor baru,” ucap Presiden.

Baca Juga: Hari Santri Nasional Digelar Besok hari Jumat, 22 Oktober 2021, Menag RI: Jangan Lupa Protokol Kesehatan 5M+1D

Perdagangan antardaerah penting untuk terus diperkuat dan dikembangkan dalam rangka melengkapi value chain nasional. Untuk itu, Presiden menekankan agar setiap daerah fokus pada produk unggulan masing-masing.

“Jangan daerah lain, wah, sana nanem karet kok bagus, ekonominya baik, rakyat kita suruh nanem karet. Ya pas baik iya, tapi pas jatuh itu hati-hati, barengan nanti berbahaya,” tambahnya.

Selain itu, Presiden menuturkan bahwa Indonesia memiliki pasar dalam negeri yang potensial. Hal tersebut harus dijadikan peluang untuk memperkuat industri dalam negeri.

Baca Juga: 4 Cara Merawat Bulu Kucing Maine Coon agar Tidak Rontok

“Jangan sampai pasar yang besar ini diambil oleh produk-produk negara lain,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: BPMI Setpres


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x