Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun Secara Bertahap

- 14 Desember 2021, 20:34 WIB
Pemerintah akan menggelar vaksinasi anak usia 6-11 tahun mulai Selasa, 14 Desember 2021.
Pemerintah akan menggelar vaksinasi anak usia 6-11 tahun mulai Selasa, 14 Desember 2021. /Polres Metro Bekasi Kota

PRIANGANTIMURNEWS- Pemerintah telah melakukan kick off vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun pada 14 Desember 2021

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini rencananya akan dilakukan secara bertahap dengan jumlah sasaran sekitar 26,5 juta anak.

Tahap pertama vaksinasi akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70 persen dan cakupan vaksinasi Lansia di atas 60 persen.

Baca Juga: Gunung Welirang di Kota Baru Jatim Dikhawatirkan Erupsi,  Ada Awan Merah Disertai Kilat Bikin Warga Panik

Kemenkes mencatat hingga kini ada 115 kabupaten/kota di 19 provinsi yang sudah memenuhi kriteria tersebut, yakni Bali, Banten, Bengkulu, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

Sedianya vaksin yang digunakan untuk sementara ini adalah jenis Sinovac dan sudah punya Emergency Use Autorization (EUA). Total ada sekitar 6,4 juta dosis vaksin Sinovac yang akan digunakan hingga akhir Desember 2021 dan akan ditambah pada Januari 2022 mendatang.

Baca Juga: Satgas Nemangkawi Baku Tembak dengan Kelompok Teroris OPM di Intan Jaya Papua

Penyuntikan vaksin akan dilakukan dengan intramuskular atau injeksi ke dalam otot tubuh di bagian lengan atas dengan dosis 0,5 mili.

Vaksinasi diberikan sebanyak 2 kali dengan interval minimal 28 hari. Sebelum pelaksana vaksinasi harus dilakukan skrining dengan menggunakan format standar oleh petugas vaksinasi.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @kemenkes_ri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x