Soekarno Penemu Makam Imam Bukhari

- 26 Mei 2022, 11:21 WIB
Soekarno.
Soekarno. /Dok. lipi.go.id

PRIANGANTIMURNEWS- Soekarno dengan pemikirannya memang tidak bisa dibantahkan lagi, sosok yang berpikiran modern, maju dan kritis ini ternyata memiliki gairah spiritual dan mistik luar biasa. Perjalanan hidupnya telah menempatkan Soekarno sebagai sosok spiritual sejati.

Cerita pengembaraan spiritual Soekarno terjadi di Uni Soviet atau yang kini kita kenal Rusia. Tidak banyak sejarah yang mencatat Soekarno sebagai sosok yang menemukan makam Imam Bukhari di uni Soviet.

Peristiwa ini terjadi pada tahun 1961 ketika pemimpin Uni Soviet, Nikita Khrusshchev mengundang Soekarno untuk datang ke Moscow.

Baca Juga: 35 Nama Bayi Perempuan Islam dan Artinya dari Huruf A

Undangan Nikita Khrusshchev bertendensi politik. Pemimpin Uni Soviet ini bermaksud menunjukan kepada Amerika Serikat bahwa Indonesia telah berada di blok timur yang mendukung kekuatan Uni Soviet.

Sejarah mencatat, relasi politik dan militer Uni Soviet dan Amerika Serikat dan sekutunya, melawan blok timur, Uni Soviet dan sekutunya.

Ketika mendapatkan undangan dari pemimpin Uni Soviet itu, Soekarno merasa khawatir dan takut. Di satu sisi, Soekarno tidak ingin menunjukan kepada dunia kalau Indonesia mendukung Uni Soviet.

Baca Juga: Nyawa Driver Ojol dan Istri Melayang oleh Pajero di Jalan MT Haryono, Jaksel

Namun disisi lain, Soekarno tidak ingin diketahui mendukung blok barat, Amerika Serikat.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: Buku Dunia Batin 2 Macan Asia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah