Pidato Sutan Sjahrir, Salah Satu yang Paling Menggentarkan di Dewan Keamanan PBB

- 11 Juni 2022, 07:46 WIB
Sutan Sjahrir dalam acara sidang Dewan kemanan PBB, 1947.
Sutan Sjahrir dalam acara sidang Dewan kemanan PBB, 1947. /

PRIANGANTIMURNEWS- Dalam Sidang Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 14 Agustus 1947 di Lake Success, New York, Amerika Serikat, seorang lelaki muda berwajah Melayu, berambut ikal, usianya 38 tahun, tingginya tidak mencapai 1,60 meter mengurai pandangannya dengan tenang.

Dari caranya berbicara, kelihatan ia tak terpancing pernyataan provokatif Eelco R. Van Kleffens, salah seorang yang mewakili kubu lawannya. Kleffens seorang pejabat senior kementerian luar negeri Belanda.

Baca Juga: Hasil Akhir Laga Austria vs Prancis di UEFA Nations League: Skor Imbang 1-1, Les Blues Cetak Gol Di akhir

Ketimbang menyusun argumentasi, Kleffens membeberkan aneka perilaku buruk kalangan Republiken."Mana yang Anda percaya, mereka atau orang-orang beradab seperti kami," begitu ia menutup presentasinya, seperti yang terekam dalam dokumentasi video Des Alwi.

Lelaki itu, Sutan Sjahrir, menjawab kalem, argumentasinya tak beringsut dari satu titik: Belanda melanggar perjanjian Linggarjati.

"Saya yakin anggota dewan dapat menilai, apakah tuduhan Belanda tersebut benar atau salah. Namun ada satu fakta yang hendak saya tekankan, pihak Belanda tidak membantah semua fakta yang terungkap pada pernyataan terakhir saya," kata Sjahrir.

Baca Juga: Jadwal Sholat Kabupaten Bandung dan Sekitarnya 11 Juni 2022: Allah Mengikuti Perlakuan Kita Kepada-Nya

"Dimana Belanda mengingkari perjanjian Linggarjati. Ketimbang membantah pernyataan saya, pihak Belanda justru mengajukan tuduhan yang tak terbukti," jelasnya dalam Bahasa Inggris yang cukup fasih.

Ia bercerita tentang kejayaan Indonesia seribu tahun silam dalam formasi Kerajaan Majapahit, kemudian menampilkan gambaran kontras.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: Buku Sjahrir Peran Besar Bung Kecil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x