Margarito kamis: Cara Berpikir Orang Oligarki, Bahwa Dalam Pembuatan Hukum, Maka Kendalikan Si Pembuat Hukum

- 20 Juni 2022, 20:31 WIB
Margarito Kamis Pakar Hukum Tata Negara.
Margarito Kamis Pakar Hukum Tata Negara. /twitter @margarito_kamis

PRIANGANTIMURNEWS- Pakar hukum tata negara Margarito Kamis berpendapat, kelompok oligarki mengendalikan hukum melalui penguasaan struktur kekuasaan.

"Cara berpikir orang oligarki itu, bahwa dalam pembuatan hukum, maka kendalikan si pembuat hukum. Tapi para oligarki ini tentu tidak pernah kelihatan," ucapnya.

Anggota Fraksi PDIP DPR Masinton Pasaribu mengatakan, penyelenggaraan negara saat ini jauh dari aspek keberpihakan lantaran dikuasai oligarki kapital.

Dia menyebutkan, politik hari ini sudah tidak memiliki ruh. Masinton menegaskan, politik yang dijalankan tanpa ideologi akan melahirkan zombie di dalam kekuasaan.

Baca Juga: Cara Mengubah JPG Menjadi PNG Secara Online, Lakukan Disini

"Saat ini politik dipimpin oleh zombie. Wujudnya ada, tapi elannya tidak ada. Baik di eksekutif dalam pengelolaan di pemerintahan, maupun di parlemen. Karena politik tanpa ideologi, tugas parlemen yang seharusnya tugas pengawasan, mengkritisi kebijakan yang belum tepat, malah sebaiknya yang muncul kata apresiasi," ucapnya melalui Zoom.

Ketua Umum Masika ICMI Ismail Ramadhan menambahkan, kekuatan yang dimiliki kelompok oligarki adalah penyebab masih maraknya praktek perburuan rente melalui kekuasaan, dengan membajak berbagai institusi demokrasi serta birokrasi. Menguatnya kelompok oligarki adalah indikator utama sekaligus penyebab kemunduran demokrasi Indonesia.

"Sebab dengan kuasa uang yang dimiliki, mereka tak segan-segan melakukan pelemahan hukum dan abai terhadap prinsip-prinsip demokrasi," ucap Ismail.

Baca Juga: Komdis PSSI Segera Lakukan Investigasi GBLA

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x