Subsidi BBM Capai 19 Juta Per Mobil, Luhut Dorong Pengunaan Kendaraan Listrik

- 13 Juli 2022, 15:43 WIB
Luhut mendorong agar masyarakat bisa serempak menggunakan kendaraan listrik agar subsidi bisa dialokasikan pada hal lain.
Luhut mendorong agar masyarakat bisa serempak menggunakan kendaraan listrik agar subsidi bisa dialokasikan pada hal lain. /Maritim.go.id/

PRIANGANTIMURNEWS- Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut tingginya konsumsi BBM di sektor transportasi menjadi kendala pemerintah dalam mengalokasikan subsidi.

Menurutnya, dengan harga BBM sekarang, subsidi BBM untuk kendaraan roda empat mencapai Rp 19,02 juta per tahun per satu mobil. Sementara untuk sepeda motor diperkirakan mencapai Rp 3,17 juta per tahun per motor.

Oleh karena itu, Luhut menekankan bahwa penggunaan produk kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB)/Battery Electric Vehicle (BEV) produksi dalam negeri merupakan salah satu hal penting dalam transformasi ekonomi yang lebih hijau.

Baca Juga: FAKTA KASUS SUBANG: Saksi Berbohong Tidak Ditangkap Polisi, Simak Penjelasannya

"Melalui gambaran data tersebut, sekali lagi saya tekankan, perlu adanya niat, tekad, dan komitmen yang kuat dari seluruh stakeholder, baik dari pemerintah maupun dari seluruh lapisan masyarakat, agar penggunaan BEV dapat segera dioptimalkan,” ujar Luhut.

Pemerintah saat ini, sangat serius dalam menyediakan berbagi regulasi untuk mendukung terciptanya eksosistem BEV.

Beberapa aspek yang didorong antara lain aspek teknis, aspek insentif, hingga kepada aspek pembiayaan.

Baca Juga: Bursa Transfer: Robert Lewandowski Lebih Laris Ketimbang Cristiano Ronaldo

Aspek-aspek tersebut diharapkan mampu menciptakan efek supply dan demand dalam ekosistem BEV, sehingga transformasi dapat berjalan sesuai dengan harapan semua pihak.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: maritim.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x