Mana Lebih Disegani? Seperti Inilah Perbandinan Tugas & Fungsi PM vs Propam Indonesia

- 24 Juli 2022, 12:40 WIB
Ilustrasi Propam dan PM atau Polisi Militer
Ilustrasi Propam dan PM atau Polisi Militer /Tangkapan Layar Youtube Beda Nggak/

 


PRIANGANTIMURNEWS - Kita sering melihat aksi saling dorong antara anggota kepolisian yang berlangsung di rumah pimpinan Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Mungkin belum banyak yang tahu apa sebenarnya Propam itu serta Bagaimana perbedaannya dengan Polisi Militer.

Propam adalah singkatan dari profesi dan pengamanan merupakan salah satu unit dalam institusi Polri berbentuk divisi bertanggung jawab kepada masalah pembinaan profesi dan pengamanan di lingkungan internal Polri.

Divisi Propam pisahkan sebagai salah satu struktur dalam institusi kepolisian sejak 27 Oktober 2012 makanya definisi bernama satu antroposfer saat kepolisian mati bersatu dengan TNI sebagai abri setelah ada organisasi Polri,

Divisi Propam menjadi wajah organisasi di tingkat Mabes yang langsung berada di bawah Kapolri Kepala Divisi yang dikenal dengan sebutan Kadiv Provos berpangkat Inspektur Jenderal Polisi atau bintang dua.

Baca Juga: Kasus Subang Paling Hot: 2 Orang Saksi Melihat Danu Masuk Ke TKP Dihari Kejadian?!!

Memiliki motto yaitu benteng penjaga Citra Polri dan benteng pencari keadilan dan berbagai tugas umum diantaranya Membina dan menyelenggarakan fungsi pertanggungjawaban profesi dan pengamanan internal.

Dalam hal ini termasuk ketertiban dilingkungan Polri disiplin dan pelayanan pengaduan masyarakat tentang adanya penyimpangan tindakan anggota Polri di jalan.

Struktur divisi dan tata cara kerjanya Propam terdiri dari tiga Biro, tiga Biro ini adalah Biro pengamanan internal atau yang disingkat Paminal yang bertanggung jawab terhadap fungsi pengamanan di lingkungan internal organisasi Polri.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: YOUTUBE BEDA NGGAK?


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x