Ngeri! Abu Vulkanik Gunung Semeru Guyur Lumajang, Warga Sesak Nafas

- 4 Desember 2022, 20:25 WIB
Kondisi terkini warga di sekitaran Gunung Semeru yang tertutup abu vulkanik akibat letusan gunung tersebut./Tangkapan layar Youtube Hari Ini
Kondisi terkini warga di sekitaran Gunung Semeru yang tertutup abu vulkanik akibat letusan gunung tersebut./Tangkapan layar Youtube Hari Ini /

PRIANGANTIMURNEWS – Gunung Semeru dilaporkan meletus pada hari minggu dini hari.

Semeru meletus pada tanggal 4 Desember 2022 pukul tiga dini hari tadi dan masih mengeluarkan abu vulkanik hingga sekarang.

Dilaporkan, Semeru telah mengeluarkan hujan abu yang membuat warga di sekitar gunung tersebut, terpaksa harus mengungsi.

Baca Juga: Gunung Berapi Semeru Meletus 2.000 Penduduk Desa Dievakuasi

Warga menghindari semburan awan panas dan guyuran hujan abu vulkanik yang beresiko membuat warga sesak nafas.

Relawan Tanggap Darurat Bencana Semeru, Indra setia Sutrisno mengatakan, gunung berketinggian 3676 mdpl tersebut juga meluncurkan lahar dingin.

Lahar tersebut terpantau telah melewati Desa Supit Urang dan Desa Curah kobokan di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang Jawa Timur.

Baca Juga: GAWAT! Curi Senjata Api Petugas, Seorang Tahanan Lapas Pangkalan Bun Kota Waringin Barat Kabur

Indra memastikan, sejumlah warga sudah melakukan evakuasi khusus. Warga desa Supit Urang contohnya, mereka telah diungsikan ke bangunan SDN 2 dan SDN 4.

Bangunan tersebut telah diisi oleh ratusan warga dari RT 11, RT 12 dan RT 13. Diperkirakan, kurang lebih terdapat 700 anak-anak dan lansia.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: YouTube Miftah’s TV


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x