Indonesia dan Timor Leste Jalin Kerjasama Ekonomi, Kemenlu: Kondisi Kondusif Penting Dijaga

- 12 Januari 2023, 10:34 WIB
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno mArsudi (kanan) tengah berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri Timor Leste Adaljiza Albertina Xavier Reis Magno (kiri) di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta.
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno mArsudi (kanan) tengah berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri Timor Leste Adaljiza Albertina Xavier Reis Magno (kiri) di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta. /Antara/

PRIANGANTIMURNEWS- Mentri Luar Negeri Timor Leste Adaljiza Albertina Xavier Reis Mago mengunjungi kediaman Mentri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi di Jakarta pada Rabu, 11 Januari 2023.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk membahas  upaya untuk meningkatkan kerjasama dalam bidang ekonomi dan penyelesaian batas darat antara kedua negara tersebut.

Kemenlu Ri dalam pernyataan tertulisnya menyampaikan bahwa baik kedua belah pihak menlu sepakat untuk memulai pembahasan perjanjian zona perdagangan bebas bersama di dalam kawasan industri perbatasan antara Distrik Oecusse, Timor Leste, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Baca Juga: Ini Link Download Logo Harlah 1 Abad NU 2023, Lengkap Dengan Maknanya

Dalam pertemuan tersebut pun dibahas dengan sangat mendalam mengenai pentingnya tindak percepatan penyelesaian perjanjian soal investasi Bilateral Investment Treaty atau BIT dan juga bidang komunikasi dan informatika (MoU on Communication and Informatics).

Sementara itu, baik Menlu Retno dan Menlu Adaljiza mengenai perbatasan darat keduanya sepakat untuk saling mendorong upaya penyelesaian pembahasan dua segmen perbatasan darat Indonesia dan Timor Leste, diantaranya Bidjael Sunan ke Oben dan Noel Besi ke Citrana.

“Kedua menlu sepakat bahwa perjanjian-perjanjian tersebut akan diupayakan diselesaikan tahun ini agar dapat ditandatangani pada saat kunjungan Perdana Menteri Timor Leste, yang waktunya akan ditentukan kemudian,” ungkap Kemlu.

Baca Juga: Kapal Misterius Terdampar di Pantai Rancabuaya Garut, Polisi Selidiki Kondisi Kapal

“Menlu Retno mengatakan bahwa kondisi kondisi penting untuk dijaga agar perundingan dapat dilanjutkan,” ujar Kemlu.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x