Presiden Jokowi Kecam Pernyataan PM Israel Benjamin Netanyahu, Data Pelanggarannya Sudah Terlalu Panjang

- 26 Januari 2024, 20:35 WIB
Presiden RI Jokowi dengan tegas menentang pernyataan kontroversial PM Israel, Benjamin Netanyahu soal two-state solution konflik Israel vs Palestina.
Presiden RI Jokowi dengan tegas menentang pernyataan kontroversial PM Israel, Benjamin Netanyahu soal two-state solution konflik Israel vs Palestina. /Foto/YouTube Setpres RI

PRIANGANTIMURNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecam dengan tegas terkait pernyataan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, yang menentang pembentukan negara Palestina.

Dalam keterangan persnya pada Jumat, 26 Januari 2024, Jokowi menegaskan bahwa pernyataan Netanyahu tentang tidak adanya masa depan untuk two-state solution—solusi dua negara—tidak dapat diterima.

Pada saat yang sama, Joko Widodo juga mengutuk keras serangan Israel atas kamp pengungsi Khan Younis di Jalur Gaza, hingga mengakibatkan korban jiwa dan puluhan orang terluka.

Baca Juga: Densus 88 Antiteror Polri Menggeledah Rumah Terduga Teroris di Solo dan Sekitarnya

Dia menilai bahwa data pelanggaran hukum internasional yang telah dilakukan oleh Israel sudah terlalu panjang.

Sebelumnya, Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri memberikan laporan kepada Presiden Jokowi setelah hadir dalam debat terbuka Dewan Keamanan PBB di New York, AS.

Dalam debat tersebut, Retno menolak keras pernyataan Netanyahu. Jokowi menginstruksikan Menlu Retno supaya terus membawa suara tegas Indonesia dalam mendukung perjuangan Palestina.

Baca Juga: Pj Gubernur Jabar Pimpin Upacara Puncak HBI ke 74 di Bandara Kertajati

Selain itu, Jokowi menegaskan bahwa Indonesia menolak masuknya kapal Israel ke wilayah Indonesia.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x