Terlibat Perdagangan Orang, Dua Orang Ditangkap Polisi di Banten-Jabar

- 28 Januari 2024, 15:00 WIB
 Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri.
Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri. /

PRIANGANTIMURNEWS- Dua orang yang diduga terlibat perdagangan orang ditangkap Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri.

Mereka ditangkap di wilayah Cileungsi, Bogor, Jawa Barat dan Ciledug, Tangerang, Banten karena terlibat kasus dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Kedua orang yang ditangkap tersebut yakni Suarty B Riartika alias Tika dan Ani Puji Astuti alias Elisa. Dua orang itu ditangkap polisi pada Kamis 25 Januari 2024.

Baca Juga: Apakah Semua Alat Memasak Aman Bagi kesehatan Dan Bisa Tahan Lama? Yuk Cari Tahu!

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan kedua tersangka dugaan TPPO tersebut yaitu Suarty B Riartika alias Tika dan Ani Puji Astutik alias Elisa, yang ditangkap pada Kamis 25 Januari 2024.

"Para terlapor melakukan perekrutan tersebut menjanjikan kepada para korban bekerja sebagai Asisten Rumah Tangga (ART) di Erbil dengan gaji sebesar 300 dolar," kata Trunoyudo dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu 28 Januari 2024.

Dikatakan Trunoyudo bahwa penangkapan kedua tersangka berawal dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebanyak 10 orang diberangkatkan ke luar negeri pada bulan Desember 2022-Februari 2023 secara bertahap.

Baca Juga: Forum Hufazil Qur'an Kembali Lahirkan Generasi Muda Bangsa yang Berakhlak Al Qur'an!

Menurut dia, setelah ada persetujuan, para korban dibuatkan paspor dan diberikan uang fee yang bervariasi dari Rp3-13 juta.

“Setelah selesai pembuatan paspor tersebut dan tanpa adanya medical check up, para korban dikirimkan ke luar negeri oleh tersangka Elis dengan negara tujuan Turki melalui Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Juanda Surabaya,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x