Awasi Penggunaan Headphone Pada Anak! Berdampak Negatif Akibat Paparan Kebisingan

- 29 Februari 2024, 06:37 WIB
Ilustrasi anak yang mendengarkan musik melalui headphone/Pixabay//
Ilustrasi anak yang mendengarkan musik melalui headphone/Pixabay// /

 

PRIANGANTIMURNEWS - Meskipun kesadaran terhadap dampak suara keras pada kesehatan anak-anak seringkali tinggi, penggunaan headphone dan earbud membawa tantangan tersendiri bagi orang tua dalam mengawasi tingkat kebisingan yang diterima oleh anak-anak mereka.

Hasil dari survei nasional terbaru menunjukkan bahwa orang tua perlu memahami risiko kesehatan potensial terkait dengan penggunaan perangkat audio pada anak-anak, mengingat temuan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemanfaatannya di golongan anak-anak.

Menurut Survei Nasional Kesehatan Anak-anak C.S. Mott di Rumah Sakit Anak Universitas Michigan, 2 dari 3 orang tua melaporkan bahwa anak-anak mereka menggunakan headphone ataupun earbud.

Baca Juga: Ahli Gizi: Durian Tidak Mengandung Kolesterol, Tetap Hati-Hati Buat Kalian Yang Obesitas

Dari anak-anak yang menggunakan perangkat audio tersebut, 16 persen menghabiskan waktu setidaknya dua jam per hari menggunakan headphone atau earbud, sementara 24 persen mendengarkannya selama satu sampai 2 jam.

Dr. Susan Woolford, Co-Director Mott poll, pada Selasa 27 Februari 2024, mengungkapkan kekhawatiran terkait tren ini, menyatakan bahwa selama beberapa tahun terakhir, perhatian utama lebih kepada remaja, namun earbud kini semakin populer di kalangan anak-anak usia muda, yang berisiko terpapar kebisingan lebih intens secara teratur.

Sejarah risiko paparan kebisingan pada anak-anak biasanya terkait dengan peristiwa kebisingan tunggal semisal konser ataupun kembang api, namun para orang tua seringkali kurang menyadari potensi bahaya yang mungkin timbul dari penggunaan berlebihan perangkat untuk mendengarkan.

Baca Juga: Rekonstruksi Tewasnya Pelajar di Pacitan, Berlangsung di Rumah Korban, 28 Adegan Berjalan Lancar

Identifikasi apakah paparan kebisingan yang dialami anak-anak mereka sehat atau tidak bisa menjadi tugas sulit, demikian peringatan yang disampaikan oleh Woolford.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x