Tangerang Jadi Model Percontohan Program Makan Gratis, Manfaat Pada Siswa dan Dampak Positif Bagi UMKM

- 1 Maret 2024, 07:15 WIB
Seorang siswi menunjukan menu makan saat simulasi penerapan program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis 29 Februari 2024/ANTARA/Azmi Samsul Maarif/aa.
Seorang siswi menunjukan menu makan saat simulasi penerapan program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis 29 Februari 2024/ANTARA/Azmi Samsul Maarif/aa. /

PRIANGANTIMURNEWS - Dari Pak Penjabat (Pj) Bupati Tangerang telah menginisiasi program makan siang gratis untuk siswa SD dan SMP sebagai proyek percontohan di Indonesia.

Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, pada Kamis 29 Februari 2024 menyatakan bahwa Tangerang dipilih karena memiliki beragam tipe sekolah, termasuk di perkotaan, perdesaan, juga pesisir.

Dengan demikian, Tangerang dianggap sebagai representasi yang tepat untuk mengimplementasikan program ini sebagai model bagi daerah lain di tanah air.

Baca Juga: Kiper Liga Yunani Cyrus Margono Blak-blakan Tak Sabar Memperkuat Timnas Indonesia

Menurut Menko Airlangga, tidak hanya memberikan manfaat langsung kepada siswa, program ini juga berdampak positif bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), termasuk penyediaan makanan bergizi untuk anak-anak.

"Pentingnya mendukung ketahanan pangan lokal sebagai sumber utama di tingkat lokal tidak boleh diabaikan. Saya sangat mengapresiasi inisiatif dari Kantor Menko yang berkeinginan untuk bekerja sama dengan Kabupaten Tangerang," ujarnya.

Tak hanya itu, program ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam menyediakan asupan gizi yang seimbang bagi anak-anak, sehingga dapat mengurangi kasus stunting di Indonesia.

Baca Juga: Terbukti Bertuah! Bojan Hodak merasa Nyaman Dengan Stadion Si Jalak Harupat dan Ungkap Hal Ini

"Selain itu, saya melihat bahwa uang jajan sebesar Rp10.000 hingga Rp15.000 yang diterima oleh anak-anak digunakan untuk keperluan sekolah dan membeli makanan. Oleh karena itu, keberadaan program ini diharapkan dapat memberikan bantuan yang signifikan kepada para pelajar. Program ini dianggap tepat karena menyediakan asupan gizi dan kalori yang sesuai untuk anak-anak sekolah," ungkap Menko Airlangga.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x