Pemprov DKI Jakarta Umumkan Daftar Kota-Kabupaten Tujuan Mudik Gratis 2024, Yo Catat!

- 15 Maret 2024, 06:58 WIB
Ilustrasi  progran mudik gratis 2024
Ilustrasi progran mudik gratis 2024 /Instagram @pikiran-rakyat/

PRIANGANTIMURNEWS - Mudik Lebaran adalah tradisi tahunan di Indonesia di mana masyarakat kota kembali ke kampung halaman mereka untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga dan kerabat.

Fenomena ini menciptakan lalu lintas yang padat dan meningkatkan jumlah perjalanan baik menggunakan transportasi darat, udara, maupun laut.

Selain menjadi momen berkumpul dengan keluarga, mudik Lebaran juga menjadi waktu untuk bersilaturahmi dan mengunjungi makam leluhur.

Baca Juga: Farid Hadiaman: Puasa di Inggris Tahun Ini Lebih Bersahabat Karena Cuaca Relatif Sejuk!

Namun, tradisi ini juga menimbulkan beberapa masalah seperti kemacetan lalu lintas dan kecelakaan, serta potensi penyebaran penyakit khususnya pada masa pandemi.

Meskipun demikian, mudik Lebaran tetap menjadi bagian penting dari budaya dan identitas sosial masyarakat Indonesia.

Melalui Dinas Perhubungan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengumumkan sejumlah daftar kota dengan kabupaten yang menjadi tujuan program mudik gratis untuk perayaan Lebaran tahun 1445 Hijriah.

Baca Juga: Alhamdulillah, Menaker RI sebut THR Pekerja dan Buruh akan Segera Cair di H-7 Lebaran Idul Fitri 2024

"Pemerintah Provinsi DKI kembali menyelenggarakan program mudik gratis di Lebaran tahun 2024. Ada 19 kota dengan kabupaten di 6 provinsi yang menjadi tujuan dari mudik gratis," ujar Syafrin Liputo, Kepala Dinas (Kadis)Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, saat dihubungi di Jakarta pada Rabu, 13 Maret 2024.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x