KPW BI Jabar Sarankan 5 Kunci Pemulihan Ekonomi

- 31 Mei 2021, 21:58 WIB
KPW BI Jabar Herawanto saat diwawancarai.
KPW BI Jabar Herawanto saat diwawancarai. /PRIATIM PRMN/EDI MULAYANA/

PRIANGANTIMURNEWS- Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Barat, Herawanto menyebutkan, dalam upaya pemulihan ekonomi ditengah pandemi Covid-19 pihaknya terus berupaya menekankan pentingnya lima kunci pemulihan ekonomi Jawa Barat, termasuk di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

"Ada lima kuci dalam pemulihan ekonomi yakni, kunci pertama membangun positive mindset dan semangat sinergi," kata, Herawanto kepada priangantimurnews.com disela peresmian gudang produksi dan rumah jemur Kelompok Tani Puspa Rahayu Kecamatan Cigalontang Senin 31 Mei 2021.

Sambunya, langkah ke 2 menjaga keberimbangan pasar. 3 mendorong kinerja dari sisi supply khususnya pada sektor ekonomi utama, menghidupkan pariwisata secara terukur, menjaga kelancaran investasi, dan membangkitkan UMKM.

Baca Juga: Gatot Nurmantyo Minta KPK Tangkap Tersangka Politsi PDIP Yang Buron

Tambahnya, kunci ke 4 mendorong daya beli masyarakat, dan ke 5 percepatan digitalisasi ekonomi.

Katanya, berbagai kebijakan bersifat dynamic balancing antara pendekatan kesehatan dan pendekatan ekonomi sesuai dengan kondisi terkini dari suatu daerah tertentu.

Di Jawa Barat, Alhamdulillah, telah berdampak positif berupa perbaikan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat yang dapat dirasakan sejak triwulan III 2020 terus membaik hingga akhir 2020.

"Pada triwulan I 2021, perekonomian Jawa Barat terus melanjutkan tren perbaikan dengan angka kontraksi yang semakin mengecil sebesar -0,83% (yoy), membaik dibandingkan triwulan IV 2020 yang mengalami kontraksi -2,39% (yoy)," katanya.

Baca Juga: Mantan Panglima TNI Kritik Lagu Abdee Slank Kebalik Nyindir Dirinya

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah