Nadiem Makarim Ungkap Pentingnya Kerjasama Perguruan Tinggi Vokasi dengan Dunia Kerja

- 28 Mei 2021, 18:38 WIB
Nadiem Makarim sedang mengisi webinar Merdeka Belajar episode XI.
Nadiem Makarim sedang mengisi webinar Merdeka Belajar episode XI. /Instagram @nadiemmakarim/

PRIANGANTIMURNEWS– Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI (Kemendikbudristek) mengagas program Merdeka Belajar.

Salah satu program Merdeka Belajar yang digagas oleh Mendikbudristek, Nadiem A. Makarim adalah perihal perguruan tinggi vokasi yaitu Kampus Merdeka Vokasi.

Dalam webinar yang digelar oleh Kemendikbudristek melalui Merdeka Belajar Episode XI mengungkapkan bagaimana pentingnya perguruan tinggi vokasi.

Perguruan tinggi vokasi adalah perguruan tinggi yang bersinggungan langsung dengan keterampilan atau keahlian di dunia kerja.

Dilansir priangantimurnews.com dari Instagram @nadiemmakarim, menurutnya, Perguruan tinggi vokasi Indonesia saat ini masih belum sepenuhnya berorientasi kepada pasar (dunia kerja).

Baca Juga: Meski Sudah Dilarang Warga Masih Tetap Menerbagkan Balon Raksasa

“Kebanyakan masig bersifat akademis dan hanya berdasarkan naskah ilmiah, kurang praktik lapangan,” ucap Nadiem Makarim dalam keterangan di akun Instagram.

Dalam visi kampus merdeka vokasi, menyatakan adanya integrasi pendidikan tinggi vokasi dengan dunia kerja demi menghasilkan lulusan kompeten, produktif, dan kompetitif.

Untuk mencapai visi yang disebutkan, perlu adanya kerja sama antara perguruan tinggi vokasi dengan dunia kerja yaitu perusahaan-perusahaan di segala bidang, baik perusahaan nasional atau internasional.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @nadiemmakarim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x