Menengok Kegiatan Para Santri di Ponpes Riyadlu As-Sholihin

- 19 Maret 2022, 12:45 WIB
Tampak keceriaan Santri Ponpes Riyadlu As-Sholihin.
Tampak keceriaan Santri Ponpes Riyadlu As-Sholihin. /PRITIM PRMN/SRI HASTUT/

PRIANGANTIMURNEWS- Santri berasal dari kata Shastri yang dalam bahasa sansekerta artinya orang yang mempelajari kitab suci di Per Shastrian atau yang biasa dikenal dengan pesantren. Sehingga dapat diartikan santri adalah seseorang yang belajar ilmu agama di pesantren.

Duni Pesantren memiliki keunikan tersendiri dalam menjalani kehidupan. Baik kehidupan bersosial (Hablum Minannas) ataupun beragama (Hamblum Minalloh).

Dunia pesantren merupakan dunia yang beragam, karena umumnya santri-santri datang dari berbagai macam wilayah dari kota maupun desa, dengan bermacam-macam watak, dari yang berwatak lembut sampai dengan yang berwatak kasar berkumpul menjadi satu.

Baca Juga: Hukum Tradisi Ruwahan Jelang Bulan Puasa, Begini Menurut Buya Yahya

Makna dan manfaat tradisi makan bersama ala santri, meskipun hanya terlihat kumpul bersama, namun sebenarnya terdapat makna yang mendalam dari tradisi makan bersama ala santri ini. Ini diantaranya :

1. Membangkitkan kebhinnekaan
Makan bersama ala santri mengajarkan mereka untuk mencintai kerukunan dan saling berbagi antar sesama. Mengingat mereka tidak hanya datang dari satu daerah saja, melainkan dari berbagai macam daerah dan watak yang berbeda. Oleh karena itu, jarang bahkan tidak pernah kita mendengar ada berita tentang tawuran antar santri.

Baca Juga: 6 Makanan Kaya akan Vitamin K untuk Mencegah Penuaan, Ini kata Ahli Biokimia Nutrisi

2. Kesadaran hidup sederhana
Penyajian menu makan yang tidak pilih-pilih atau makan seadanya, mengajarkan mereka untuk selalu menjalani hidup dengan kesederhanaan. Karena ketenangan dan kebahagiaan hidup berawal dari kesederhaan hidup.

Dengan kesederhanaan kita akan lebih mendahulukan kepentingan orang lain dari pada kepentingan kita sendiri. Dan sejatinya, kesederhanaan bukan tanda-tanda kemiskinan, melainkan tanda kesiapan untuk merasakan kekayaan hidup.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x