Apa Untung Ruginya Demokrat Dukung Prabowo Jadi Capres, Ini kata Pengamat Politik

- 23 September 2023, 15:00 WIB
 Pengamat politik dari Surabaya Survey Center (SSC) Iksan Rosidi. (ANTARA/HO-SSC)
Pengamat politik dari Surabaya Survey Center (SSC) Iksan Rosidi. (ANTARA/HO-SSC) /

PRIANGANTIMURNEWS-- Partai Demokrat Kamis 21 September 2023 telah resmi bergabung dengan koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo Subianto jadi Capres pada pemilu 2024 mendatang.

Keputusan itu langsung disampaikan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)) di hadapan Prabowo dan para petinggi partai koalisi.

Lantas apa kira kira keuntungan dan kerugian Partai Demokrat bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju ((KIM) yang mengusung Prabowo Subianto jadi Capres pada pemilu 2024.

Baca Juga: Mantap! Demokrat Deklarasi Dukung Prabowo, AHY: Yakin Indonesia akan Maju


Berikut ini analisa engamat politik dari Surabaya Survey Center (SSC) Iksan Rosidi, untung rugi Partai Demokrat bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mendukung bakal Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto pada Pemilu 2024.

Dalam paparannya, Iksan Rosidi menilai keputusan Partai Demokrat tersebut tentunya telah melalui perhitungan dan pertimbangan matang berdasarkan komunikasi intensif dengan partai-partai lain yang lebih dulu bergabung KIM.

"Bagi Demokrat, keputusan untuk segera bergabung dengan KIM merupakan keputusan politik yang cermat agar di mata publik partai ini tidak terlalu lama tersandera pada narasi kekecewaan dan pengkhianatan menyusul dinyatakannya Cak Imin sebagai bakal Calon Wakil Presiden atau Cawapres Anies Baswedan," katanya.

Baca Juga: Demokrat Dukung Prabowo Maju Calon Presiden pada Pilpres 2024, Simak Pernyataan SBY

Dikatakan Ikhsan keputusan bergabung dengan KIM merupakan keputusan yang paling logis dan memungkinkan bagi Demokrat maupun Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang dinilai tidak memiliki hambatan komunikasi politik dengan Prabowo Subianto.

"Dibandingkan dengan komunikasi SBY dengan Megawati yang masih beku. Sejauh ini, belum ada pandangan politik menonjol yang mengganggu relasi antara Demokrat atau SBY dengan Prabowo Subianto," ujarnya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x