Elmo Juanara Tegaskan Peran Penting AI dalam Disaster Prediction di Indonesia

- 27 Juni 2024, 09:30 WIB
Elmo Juanara, mahasiswa Indonesia yang kuliah di JAIST, Jepang menyampaikan peran penting A.I dalam Disaster Prediction./Instagram @elmojuanara
Elmo Juanara, mahasiswa Indonesia yang kuliah di JAIST, Jepang menyampaikan peran penting A.I dalam Disaster Prediction./Instagram @elmojuanara /

PRIANGANTIMURNEWS - Artificial Intelligence (AI) saat ini memiliki peran yang sangat penting hampir di semua bidang, khususnya dalam kasus simulasi dan prediksi.

Kemajuan AI yang merupakan kecerdasan buatan manusia ini, salah satunya mampu melakukan Prediksi Bencana (prediksi bencana alam) yang bermanfaat sebagai antisipasi dan edukasi bencana alam.

Elmo Juanara, mahasiswa Indonesia yang tengah melanjutkan studi doktoral (S3) di Japan Advanced Institute of Science and Technology (JAIST), Ishikawa, Jepang.

Baca Juga: Dahsyat! Ini 17 Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya


Menyampaikan bahwa AI memiliki peran penting untuk Prediksi Bencana karena memiliki kecepatan berpikir dengan database dan algoritma yang kuat.

“AI itu memiliki kelebihan dalam kemampuan mengelola data, jika AI dilatih untuk membantu memprediksi sesuatu,” ungkap Elmo. 

“Program itu akan melampaui manusia dalam berpikir serta dalam kecepatan berpikir. Sebab AI memiliki basis data yang kuat dan algoritma yang juga kuat,” tambahnya.

Baca Juga: Tegas! Kapolres Tasikmalaya Kota Tidak Akan Mendampingi Personel Menggunakan Aplikasi Permainan Online


“Sementara bencana (bencana alam), manusia kadang kala luput atau kurang dapat memprediksinya karena keterbatasan kemampuan,” sambungnya

"dengan kemampuan dan algoritma dari AI ini, maka data-data bencana alam yang sebelumnya ditambah pemodelan fisik simulasi dari bencana itu sendiri," paparnya

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah