Sang Legenda Kembali! The Beatles Rilis Lagu Terakhir dengan Bantuan AI dan Suara Mendiang John Lennon

- 28 Oktober 2023, 17:45 WIB
 Grup band legendaris The Beatles/Instagram/@thebeatles//
Grup band legendaris The Beatles/Instagram/@thebeatles// /

PRIANGANTIMURNEWS - Lagu terbaru Now and Then dari The Beatles yang melibatkan suara mendiang John Lennon juga pengembangannya menggunakan kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI).

Lagu tersebut dikabarkan akan dirilis oleh band rock Inggris The Beatles pekan depan. Ini disebut-sebut sebagai lagu terakhirnya dari band itu.

Proses rilis lagu ini melibatkan suara mendiang John Lennon, George Harrison yang meninggal tahun 2001, serta suara Paul McCartney dan Ringo Starr, dua anggota The Beatles yang masih hidup.

Baca Juga: Kelompok Musik Hijrah Voice Meriahkan Malam Puncak Milad Pesantren Lembur Cahaya Kota Tasikmalaya

Paul McCartney mengungkapkan, bahwa ini adalah rekaman lagu The Beatles yang sejati dan terasa sangat emosional karena semua anggota band ikut berkontribusi.

Ringo Starr juga merasakan emosionalnya, karena lagu ini memberikan kesan kembali kehadiran John Lennon dalam ruang rekaman yang sama.

Lagu yang berjudul Now and Then dan disebut-sebut menjadi lagu terakhir dari The Beatles itu telah melibatkan semua anggotanya. Hal itu disampaikan oleh perusahaan rekaman Universal Music Group (UMG), seperti diberitakan Reuters pada Jumat 27 Oktober 2023.

Now and Then, awalnya merupakan rekaman demo yang dibuat oleh John Lennon pada tahun 1970-an di New York City, setelah adanya pembubaran The Beatles pada tahun 1970.

Baca Juga: Siap-siap, Grup K-pop TEEN TOP Siap Kembali ke Jagat Musik dengan Empat Personel

Kemudian beberapa tahun setelah wafatnya John Lennon pada tahun 1980, istrinya, Yoko Ono, menyerahkan rekaman tersebut kepada anggota The Beatles yang tersisa, yang kemudian melengkapi rekaman tersebut dengan suara mereka sendiri.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah