Waw! Kampung Adat Wae Rebo di NTT, Dinobatkan Jadi Desa Tercantik ke 2 di Dunia

- 21 Maret 2024, 06:42 WIB
Kampung adat Wae Rebo di Kabupaten Manggarai
Kampung adat Wae Rebo di Kabupaten Manggarai /Foto: ANTARA/Disparekraf NTT/


PRIANGANTIMURNEWS - Kampung Adat Wae Rebo yang ada di Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, meraih predikat istimewa menjadi salah satu desa yang tercantik di dunia tahun 2024.

Penetapan ini dilakukan oleh lembaga survei internasional The Spectator Index, yang menempatkan Wae Rebo pada posisi kedua sesudah Rothenburg Ob der Tauber yang terletak di distrik Ansbach, Bayern, Jerman.

Joni Lie Rohi, Plt Kadis Pariwisata NTT, menyampaikan kebanggaan masyarakat NTT atas prestasi tersebut.

Baca Juga: Sambut Idul Fitri 1445 H Indosat Ooredoo Hutchison Tingkatkan Sosial Hingga Marbot

"Kampung Adat Wae Rebo dinobatkan menjadi desa tercantik nomor dua di dunia, memberikan kebanggaan bagi kita semua," ujarnya di Kupang, pada Rabu 20 Maret 2024.

Menurut Joni, hasil survei The Spectator Index mengakui keindahan alam dan kekayaan budaya yang memukau dari sejumlah desa dan kota kecil di seluruh dunia.

Wae Rebo terpilih sebagai representasi gemilang dari Indonesia, menjadi satu-satunya destinasi wisata di negeri ini yang berhasil menarik perhatian lembaga survei tersebut.

Baca Juga: Zalnando Ada Opsi Dipinjamkan Ke Persija Jakarta! Benarkah? Cek Faktanya

Desa Wae Rebo, yang terletak pada ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh pegunungan, menarik perhatian dengan keunikan arsitektur 7 rumah adat yang berbentuk kerucut menjadi tempat tinggal bagi sekitar 1.200 jiwa penduduknya.

Pada tahun 2021, Wae Rebo dinyatakan sebagai bagian dari warisan budaya dunia. Menurut Plt Kepala Dinas Pariwisata, fenomena ini menunjukkan bahwa potensi pariwisata di Nusa Tenggara Timur (NTT) telah menarik perhatian dunia, dengan pengakuan terbaru terhadap pulau Sumba sebagai salah satu pulau terindah di dunia.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x