Aprilia Manganang Mempunyai Kelainan Hipospadia Sejak Lahir, Apa Itu Kelaianan Hipospadia? Yuk Simak

- 12 Maret 2021, 12:05 WIB
Aprilia Manganang, memiliki kelainan hipospadia sejak lahir.
Aprilia Manganang, memiliki kelainan hipospadia sejak lahir. /Instagram @aprilia.manganang/

PRIANGANTIMURNEWS- Mantan atlet voli timnas putri Indonesia Aprilia Manganang, dipastikan berjenis kelamin laki-laki.

Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) telah memastikan status jenis kelamin satu di antara anggotanya Aprilia Manganang berjenis kelamin laki-laki.

Dalam pernyataan yang disiarkan secara langsung media nasional, Kasad Andika Perkasa menyebut, Aprilia mengalami kelainanan pada alat kelamin sejak kecil. Namun kelainan tersebut banyak terjadi.

“Kalau dikalkulasi dari 270 juta jiwa penduduk Indonesia, maka terdapat sedikitnya 1,1 juta jiwa yang mengalami kondisi serupa,” ujar Andika Perkasa seperti dilansir Kalbar-Terkini.com, Rabu 9 Maret 2021.

Baca Juga: Atta Halilintar Ungkap Kondisi Kedua Orangtuanya yang Tengah Berjuang Melawan Sakit

Aprilia disebut Andika, mengalami kelainan yang disebut dengan istilah medis dengan Hipospadia. “Pada Manganang, termasuk yang spesial bukan hipospadia biasa,” lanjutnya.

Lalu, apa itu hipospadia? Dikutip dari laman resmi pusat pengendalian dan pencegahan penyakit AS (CDC), hipospadia adalah cacat lahir pada anak laki-laki di mana pembukaan uretra (saluran yang membawa urin dari kandung kemih ke luar tubuh) tidak terletak di ujung penis.

Pada anak laki-laki dengan hipospadia, uretra terbentuk secara tidak normal selama pekan ke 8-14 kehamilan.

Kondisi hipospadia pada setiap penderita bisa berbeda-beda. Pada beberapa kasus, lubang kencing ada yang terletak di bawah kepala penis, di batang penis, dan bahkan ada yang di skrotum atau buah zakar.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x