Hubungan Ibu dan Anak yang Harmonis, Bisa Hindarkan Perilaku Negatif Anak

- 26 Desember 2020, 00:18 WIB
Ilustrasi saat seorang ibu sedang menjalin kedekatan dengan anak
Ilustrasi saat seorang ibu sedang menjalin kedekatan dengan anak / ANTARA News/Shutterstock/

PRIANGAN TIMUR NEWS- Hubungan antara ibu dan anak yang baik dan harmonis, bisa hindarkan perilaku negatif pada anak.

Hubungan ibu dan anak yang erat juga dapat mengurangi risiko anak untuk memiliki hubungan yang tidak sehat di masa depannya.

"Hubungan ibu dan anak yang erat juga dapat mengurangi risiko anak untuk memiliki hubungan yang tidak sehat di masa depannya," kata Psikolog anak dan keluarga, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi. sebagaimana dilansir priangantimurnews dari antaranews Kamis 24 Desember 2020.

Baca Juga: Melawan Petugas, Pengedar Narkoba Ditembak Mati

Ibu memiliki banyak peran dalam kehidupan anak, mulai dari memberikan perawatan mendetail dalam keseharian sampai memberikan ketenangan saat anak remaja sedang dirundung masalah.

Majalah Time melansir sebuah penelitian bahwa kepekaan dan daya tanggap seorang ibu dalam beberapa tahun pertama kehidupan seorang anak memiliki konsekuensi seumur hidup bagi kompetensi akademis dan sosial anak.

Selain mempromosikan pengembangan keterampilan akademis dan sosial anak-anak, ada penelitian yang menunjukkan bahwa interaksi dan hubungan ibu-anak yang positif juga dapat berperan dalam pengembangan karier anak-anak.

Baca Juga: Seorang Mahasiswa Tewas Terseret Arus Pusaran Air Curug Batu Blek Tasikmalaya

Hubungan keluarga yang dekat, misalnya, tidak hanya membantu anak-anak mempelajari keterampilan penting yang berhubungan dengan pekerjaan, seperti komunikasi yang efektif dan resolusi konflik, tetapi juga dapat memberi anak kepercayaan diri untuk mengeksplorasi berbagai pilihan karier dan membuat transisi karier yang sukses.

Selain itu, Vera mengatakan ibu adalah penyedia empat kebutuhan utama yakni dicintai tanpa syarat, ditenangkan saat stres, kejujuran dalam hubungan dan pertemanan yang hangat.

Halaman:

Editor: Ahmad Ramadan

Sumber: antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x