Hilangkan Jerawat, Hindari 9 Makanan Ini Yang Menjadi Penyebabnya

- 6 Januari 2021, 19:20 WIB
Wajah berjerawat
Wajah berjerawat /Pixabay/
PRIANGANTIMURNEWS- Hilangkan Jerawat, Hindari 9 makanan ini yang menjadi penyebabnya
 
Keberadaan jerawat di wajah memang membuat seseorang merasa tidak pede, apalagi jika berada di bagian tertentu seperti kening dan hidung.
 
Jerawat dialami oleh setiap orang pada umumnya, baik itu pria ataupun wanita.
 
Ada banyak faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat di wajah, termasuk produksi sebum dan keratin, bakteri penyebab jerawat, hormon, peradangan hingga makanan yang dikonsumsi.
 
 
Sebagaimana dilansir Priangan Timur News dari Ringtimes Bali, 'Hindari 9 Makanan Penyebab Jerawat Berikut, Termasuk Susu dan Keju'
 
Jerawat dapat tumbuh karena asupan makanan yang dikonsumsi oleh tubuh. Banyak orang yang dilema untuk mengonsumsi makanan yang menjadi penyebab jerawat walaupun ia menyukainya.
 
Makanan penyebab jerawat dapat dihindari konsumsinya agar kulit tetap sehat. Berikut makanan bisa menyebabkan timbulnya jerawat.
 
1. Susu
 
Jika memiliki kulit berminyak maka susu mungkin adalah musuh terbesar kalian. Susu dapat meningkatkan kadar insulin yang membuat jerawat lebih parah.
 
Susu juga mengandung asam amino yang merangsang hati untuk menghasilkan lebih banyak IGF1. Hormon IGF1 adalah hormon terkait dengan pembentukan jerawat.
 
Orang dewasa yang mengonsumsi susu dan eskrim, memiliki resiko 4 kali lebih tinggi untuk berjerawat. Namun susu kedelai dan almod adalah pilihan tepat untuk membuat kulit bebas dari jerawat.
 
 
2. Keju
 
Keju adalah salah satu produk olahan susu yang banyak digemari. Namun ternyata keju dapat memicu kelenjar minyak untuk memproduksi minyak lebih banyak sehingga bisa menimbulkan jerawat.
 
3. Makanan Cepat Saji
 
Makanan cepat saji kaya dengan kalori, lemak dan karbohidrat olahan. Makanan cepat saji seperti burger, hotdog, nugget, kentang goreng dan milkshake adalah makanan  andalan yang dapat meningkatkan resiko jerawat.
 
4. Kacang
 
Produk kacang dan olahannya juga merupakan salah satu makanan penyebab jerawat. Hal ini memang tidak berlaku pada setiap orang, namun kacang dapat merangsang minyak berlebih yang menimbulkan jerawat.
 
Kacang yang dimaksud adalah kacang tanah. Meskipun banyak orang yang juga sensitif terhadap jenis kacang lainnya.
 
5. Makanan Kaya Lemak Omega 6
 
Diet yang mengandung sebagian besar lemak omega 6 telah dikaitkan dengan penyebab timbulnya jerawat. Diet ini biasanya mengandung jagung dan minyak kedelai dan beberapa makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan dan kacang wallnut.
 
Ketidakseimbangan omega 3 dan 6 ini mendorong  kondisi tubuh ke peradangan. Hal ini dapat memperburuk keparahan jerawat.
 
6. Coklat
 
Coklat telah dicurigai sebagai pemicu jerawat sejak tahun 1920an. Tetapi sejauh ini belum ada konsesus yang sesuai. Namun sebuah studi menunjukkan laki-laki yang lebih sering mengonsumsi coklat beresiko berjerawat lebih banyak.
 
7. Telur
 
Telur adalah salah satu protein yang mudah didapat. Namun ada Sebagian orang yang justru berjerawat bahkan bisul setelah mengonsumsi telur.
 
Memang tidak ada larangan untuk mengonsumsi telur. Sama seperti ayam, kamu hanya harus mengatur agar tidak terlalu sering mengonsumsi telur.
 
8. Whey Protein
 
Whey protein adalah salah satu jenis protein yang banyak digunakan dalam makanan dan suplemen olahraga. Fungsi utama dari jenis protein ini adalah untuk membentuk dan meningkatkan masa otot.
 
Protein ini dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan insulin lebih tinggi. Whey protein juga merangsang sel kulit tubuh dan membelah dengan cepat. Kombinasi ini yang membuat jerawat lebih cpeat tumbuh.***(I GA Putu Yuliani Dewi/Ringtimes Bali)

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Ringtimes Bali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah