Deteksi Sejak Dini Kanker Serviks dengan HPV

- 18 Januari 2021, 01:10 WIB
gejala kanker serviks
gejala kanker serviks /Pikiran Rakyat/

PRIANGANTIMURNEWS - Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang selalu menghantui setiap wanita.

Kanker serviks  tertinggi kedua setelah kanker payudara pada wanita karena kurangnya skrining sejak dini. Semakin cepat kanker serviks dideteksi maka akan lebih mudah diobati.

Menurut Dokter spesialis obstetri dan ginekologi, Gatot N.A. Winarno kanker serviks bisa dicegah, salah satunya melalui deteksi dini Human Papilloma Virus (HPV) DNA secara rutin.

Baca Juga: Komjen Listyo Munculkan Harapan Baru Memerangi Kejahatan Kerah Putih dan Kejahatan Jalanan

Dalam rilisnya Minggu 17 Januari 2021 Winarno menuliskan kanker serviks merupakan penyakit yang dapat dicegah dengan melakukan deteksi ini HPV (Human Papilloma Virus) DNA secara rutin, terutama bagi wanita yang sudah pernah berhubungan seksual.

Dirangkum Priangantimurnews dari Antara, deteksi dini yang tersedia saat ini meliputi IVA (Inspeksi visual asam asetat), Papsmear, Papsmear Berbasis Cairan, dan HPV DNA. Tes HPV DNA dilakukan untuk mendeteksi sejak awal terjadinya infeksi virus HPV risiko tinggi yang dapat menyebabkan kanker serviks.

"Hingga saat ini, kanker serviks merupakan penyebab kanker tertinggi kedua setelah kanker payudara pada wanita karena kurangnya skrining sejak dini. Semakin cepat kanker serviks dideteksi maka akan lebih mudah diobati," tutur Gatot.

Baca Juga: Pencarian Hari ke-9, Basarnas Temukan 14 Kantong Jasad Penumpang dan Serpihan SJ 182

Bagi para wanita yang berniat melakukan tes HPV DNA, bisa memanfaatkan program skrining HPV DNA dari Kalbe bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Jawa Barat dan para tenaga kesehatan yang kompeten, sebagai bagian dari Bulan Peduli Kanker Serviks.

Marketing General Manager One Onco PT Kalbe Farma Tbk dr. Selvinna mengatakan, pemeriksaan ini mencakup pemeriksaan terhadap 15 subtipe highrisk,yang didukung Laboratorium Kalgen Innolab dari Kalbe Group.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah