Perbedaan Seserahahan, Hantaran dan Mahar, Calon Pengantin Wajib Tahu

- 31 Januari 2021, 19:58 WIB
Hantaran pengantin  berupa perhiasan emas
Hantaran pengantin berupa perhiasan emas /Aldi Nur Fadilah / Syncphotograpy/
PRIANGANTIMURNEWS- Menjelang hari pernikahan tentunya persiapan selain kordinasi dengan Wedding Organizer, pastinya tak lupa mempersiapkan Seserahan apalagi bagi calon pengantin pria.
 
Pada umumnya semua yang biasa pengantin pria bawa disebutnya hanya seserahan saja. Padahal ada nama lain yang membedakan isi seserahan yang calon pengantin pria bawa.
 
Ada tiga nama berbeda, diantaranya, Seserahan, Hantaran dan Mahar. Ketiganya miliki arti yang berbeda hingga isinya.
 
 
Biasanya ketiga barang tersebut diberikan pada seremoni khusus setelah selesai akad nikah. Namun, kebanyakan tidak mengetahui bahwa ketiga hal tersebut berbeda.
 
Seserahan  diartikan simbol tanggung jawab bagi pengantin pria untuk calon pengantin wanita. Seserahan juga berarti pengikat antara dua keluarga. Biasanya isi dalam seserahan merupakan keperluan pengantin wanita seperti kebaya, kain batik, tas dan sepatu.
 
Hantaran dapat diartikan sebagai 'pengetuk pintu' biasanya calon pengantin pria mengunjungi calon pengantin wanita dan keluarga. Ataupun sebaliknya.
 
 
Isi dalam hantaran pun biasanya dikemas sangat menarik diantaranya, berbagai macam sembako dan makanan.
 
Sedangkan Mahar merupakan hak calon pengantin wanita yang biasanya menjadi syarat sah nikah. Mahar biasanya berupa emas ataupun logam. 
 
Itulah perbedaan dari ketiga jenis yang sering kita sebut seserahan. Tetapi adapun seserahan yang sesuai tradisi di berbagai daerah yang berbeda.***

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x