Kunyit Ternyata Bisa Membantu Mengobati Penyakit Jantung

- 14 Februari 2021, 14:09 WIB
Manfaat kunyit.
Manfaat kunyit. /PIXABAY/Stevepb/

PRIANGANTIMURNEWS - Kunyit merupakan salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian menyebar ke wilayah Malaysia, Indonesia, Australia hingga Afrika.

Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Tanaman ini tergolong dalam kelompok jahe-jahean (Zingiberaceae). Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, seperti turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), janar (Banjar), kunir (Jawa), koneng (Sunda), konyè' (Madura), Kunyir (Komering).

Baca Juga: Ciptakan Aplikasi Kencan, Perempuan Muda AS Masuk Daftar Orang Terkaya di Dunia, Ini Namanya

Menurut Patricia Bannan, ahli gizi yang berbasis di Los Angeles dan pakar memasak sehat “mengonsumsi kunyit secara teratur bukan hanya bisa menurunkan berat badan, namun dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan obesitas dan dapat meningkatan proses pembakaran lemak".

Beragam kegunaan kunyit, selain untuk memasak, kunyit dapat dijadikan sebagai pewarna makanan dan jamu. Namun masih banyak manfaat kunyit yang belum diketahui masyarakat umum. Seperti dilansir Priangantimurnews dari thehealty.com, berikut manfaat lain dari tanaman kunyit:

1. Kunyit Dapat Menjadi Pereda Radang Sendi
Dengan mengonsumsi kunyit yang sudah diekstraksi menjadi kapsul sebanyak 500 mg per hari, dapat meredakan radang sendi dan meningkatkan sistem kerja sel darah merah.

Baca Juga: Nitizen Sebut Ridwan Kamil Mirip Artis Ferry Salim. Nitizen Gagal Paham Sampai Kritik Soal Covid-19 Juga

2.Dapat Meningkatkan Mood
Antioksidan yang terkandung di dalam kunyit, mampu meningkatkan mood dan produktifitas dalam diri.

3. Menurunkan Gula Dalam Darah
Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, lebih dari 100 juta orang dewasa di Amerika Serikat menderita diabetes yang disebabkan oleh kombinasi faktor genetika dan gaya hidup.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x