Jajanan Enak Terbuat dari Kanji Khas Tasikmalaya

- 21 Februari 2021, 10:08 WIB
Ilustrasi Makanan jajanan cilok.
Ilustrasi Makanan jajanan cilok. /Instagram/cilok.homemade/

PRIANGANTIMURNEWS- Mendengar kata jajanan, mata kamu pasti langsung melihat ke arah jajanan tersebut.

Saat masih sekolah tentu kamu sudah mengenal banyak macam makanan jajanan yang berada di halaman sekolah.

Jajanan adalah makanan yang disajikan untuk ngemil selain makan makanan pokok. Makanan jajanan tersebut merupakan makanan lokal yang dibuat sendiri dan dijual sendiri oleh para pedagangnya.

Makanan jajanan bisa terbuat dari apa saja, bisa dari singkong, tepung terigu, tepung beras, beras ketan, buah-buahan ataupun tepung kanji.

Di Tasikmalaya sendiri, banyak varian makanan jajanan yang terbuat dari tepung kanji atau masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan tepung ‘aci’.

Baca Juga: Jenis-jenis Jembatan Berdasarkan Struktur yang Sangat Indah bila Dipandang

Jajanan tepung aci ini memiliki rasa yang tidak kalah enak dari makanan jajanan di perkotaan besar dan telah menjadi populer di seluruh Indonesia. Varian makanan tersebut, yaitu:

1. Cimol. Cimol artinya Aci yang diemol atau dikunyah. Cimol menjadi populer di kalangan masyarakat Tasikmalaya karena bisa dikreasikan atau dicampurkan dengan apa saja.

Cimol adalah jajanan yang harus digoreng agar bisa sehat dimakan. Kemudian, diberikan bumbu yang bervariasi seperti bumbu pedas, bumbu balado, bumbu original dan bumbu kacang. Kamu bisa menemukan cimol ini di berbagai tempat, karena pedang cimol biasanya menjajakan cimol menggunakan gerobak.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah