Jenis-jenis Jembatan Berdasarkan Struktur yang Sangat Indah bila Dipandang

- 21 Februari 2021, 09:51 WIB
Tangkapan layar salah satu jembatan ikonik di Indonesia yang dibangun Kementerian PUPR, Jembatan Gantung Turpogen di Madura, Jawa Timur.
Tangkapan layar salah satu jembatan ikonik di Indonesia yang dibangun Kementerian PUPR, Jembatan Gantung Turpogen di Madura, Jawa Timur. /Kementerian PUPR/digitalexpo.pu.go.id /

PRIANGANTIMURNEWS- Jembatan merupakan fasilitas umum yang menghubungkan dua kota, dua pulau, dua kampung demi kepentingan bersama.

Terdapat beberapa jenis jembatan yang terbuat dari kayu, material beton, tembok, besi, dan bahkan bahan-bahan lain yang menunjang jembatan tersebut.

Jembatan tersebut dibangun agar kebutuhan masyarakat terpenuhi dan infrastruktur negara menjadi berkembang. Di Indonesia, jembatan yang telah dibangun dan ditangani oleh Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat).

Baca Juga: Mengenal Kampung Ulos di Danau Toba, Ini Empat Keunikan yang Dimiliki

Jembatan berfungsi untuk mempermudah akses jalan, memperluas pengetahuan masyarakat akan negara/daerah tetangga, dan kegunaan-kegunaan lainnya. Berdasarkan rekontruksi jembatan, terdapat jembatan modern dan jembatan tradisional.

Dikutip priangantimurnews dari Instagram kemenpupr, terdapat jenis-jenis jembatan modern di dunia dan Indonesia berdasarkan struktur, yaitu:

Pertama, Jembatan Beam. Jembatan ini merupakan jembatan yang memiliki desain sederhana dari jembatan modern.

Baca Juga: Bagaimana Membuat Pelanggan agar Tetap Mencintai Anda, Ini Rahasianya

Jembatan beam disebut juga sebagai jembatan Girder. Jembatan ini terdiri dari balok jalan berbentuk horizontal yang ditumpu oleh balok batu yang menahan jalan horizontal tersebut. Struktur jalan ini, telah berhasil dibangun oleh negara Indonesia salah satunya jembatan petuk di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram KemenPUPR


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x