Kenali Ciri-Ciri Orang Introvert

- 16 Juni 2021, 22:17 WIB
Ilustrasi orang introvert.
Ilustrasi orang introvert. /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS- Introvert merupakan seseorang yang memiliki jenis kepribadian introversion. Biasanya orang introvert dikenal sebagai seseorang yang lebih fokus pada pikiran, perasaan, serta suasana hati dalam diri, ketimbang fokus dengan hal di luar dirinya sendiri.

Carl Jung, seorang pencetus psikoanalisis dalam big five theory of personality. Jenis kepribadian intovert memiliki lawan kata yaitu extrovert.

Dimana kebalikannya extrovert itu seseorang yang memiliki sifat terbuka, mudah bergaul, menyenangkan, sampai antusias ketika bertemu dengan orang baru.

Menurut teori kepribadian, secara umum, orang memiliki sisi introvert dan extrovert. Sekitar 70% orang jatuh di tengah spektrum kepribadian. Artinya, mereka mempunyai sifat yang cukup seimbang.

Baca Juga: Penyisihan Grup D Euro 2020, Inggris vs Skotlandia: Pratinjau, Starting XI, dan Prediksi Pertandingan

Introvert yang suka dengan waktunya sendiri dan tidak banyak berbicara sering diremehkan oleh orang disekitarnya.

Dan berikut ciri-ciri orang introvert:

1. Lebih Produktif Kerja Sendiri
Waktu sendirian merupakan waktu penting bagi orang introvert di mana mereka dapat merasa tenang dan produktif dalam melakukan hobi dan aktivitas mereka. Kesempatan ini juga digunakan para introvert untuk berpikir kreatif dan orisinil.

2. Kadang, Ketika Bersosialisasi Menguras Energi!
Bersosialisasi dalam suasana baru dan dikelilingi oleh orang yang tidak dikenal terkadang terasa sulit untuk kepribadian introvert. Meski begitu, banyak orang introvert dapat beradaptasi dan menjalin interaksi dengan orang lain dalam suasana tersebut.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: penerbitbukudeepublish


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x