Waktu yang Baik untuk Minum Kopi, Ternyata Bukan Pagi Hari

- 18 Desember 2021, 12:57 WIB
Perbedaan Kopi Long Black dan Americano.
Perbedaan Kopi Long Black dan Americano. /pixabay/foundry

PRIANGANTIMURNEWS - Minum kopi biasa dilakukan sebagian orang untuk memulai aktivitas. Tergantung selera, orang-orang biasanya menikmati kopi dingin atau panas.

Kopi juga banya macamnya ada kopi hitam, cappucino, atau kopi susu.

Ternyata kopi juga bisa dijadikan sebagai sumber energi yang baik untuk tubuh juga memperlancar aktivitas.

Baca Juga: Investor Korea Apresiasi Kebijakan Ketenagakerjaan

Namun untuk memaksimalkan energinya, waktu terbaik untuk minum kopi ternyata bukan saat bangun tidur.

Jika kopi adalah bagian penting dari rutinitas pagi atau saat membutuhkan fokus eksta, sebaiknya menunda cangkir pertama tepat saat bangun.

Menurut Kylene Bogden, ahli gizi dan penasihat kesehatan untuk Love Wellness, beberapa waktu tertentu bisa memaksimalkan fungsi kopi.

1. Pertengahan pagi

Baca Juga: Atlet MMA Diduga Terlibat Pengeroyokan. Begini Kronologinya

Menurut Bogden, kafein di dalam kopi dapat meningkatkan kadar kortisol. Kortisol adalah hormon stres utama tubuh, dan membantu mengatur metabolisme, sistem kekebalan, dan gula darah di antara fungsi-fungsi lainnya.

Berdasarkan sebuah studi Juni 2016 tingkat kortisol secara alami melonjak dan mencapai puncaknya sekitar 30 hingga 45 menit setelah bangun tidur dan karena kortisol dapat merangsang metabolisme.

Oleh karenanya, minumlah secangkir kopi pertama di pagi hari sekitar satu jam setelah bangun tidur

Baca Juga: Jelang 76 tahun, Kementerian Agama Pastikan Percepat Transformasi Digital

"Beberapa penelitian mengatakan bahwa kortisol masih tinggi dari tidur ketika pertama kali bangun, jadi lebih baik menunggu dan meminumnya di pagi hari ketika kortisol lebih rendah," kata ahli gizi Lauren Slayton.

2. Sebelum olahraga

"Efek kopi terasa segera setelah meminumnya. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan olahraga atau memiliki pekerjaan penting yang harus dilakukan, saya sarankan untuk minum kopi 30 menit sebelumnya," kata Slayton.

Minum kopi sebelum berolahraga dapat membantu memberi lebih banyak energi, fokus dan koordinasi, serta mengurangi persepsi rasa sakit, menurut ulasan bulan Desember 2016 di Neuroscience & Biobehavioral Reviews.

Baca Juga: Mentan Kunjungi Karawang untuk Promosikan Model Pertanian Terpadu Ramah Lingkungan

3. Saat kurang tidur

Kopi adalah pilihan populer saat perlu merasa ekstra fokus seperti akan ujian atau presentasi di tempat kerja. Ini mungkin juga berguna ketika kekurangan waktu tidur malam.

"Kami menyarankan orang-orang untuk minum maksimal 2 cangkir kopi dan kemudian minum teh hijau atau matcha jika mereka membutuhkan booster," kata Slayton.

Meminum kopi secara berlebihan ternyata kurang baik. Karena akan membuat lebih banyak kegelisahan.

Baca Juga: Pelatih Malaysia Takuti 4 Pemain Indonesia, Mereka Akan Menghukum Kami

"Terlalu banyak kopi dapat menyebabkan kecemasan yang tidak dapat dijelaskan, insomnia, kortisol tinggi dan kegelisahan," kata Bogden.

Minum kopi akan sangat membantu untuk memulai aktivitas yang padat namun jangan terlalu berlebihan karena dapat menimbulkan beberapa kebiasaan buruk.***

Editor: Aldi Nur Fadilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x