Benarkah Jika Memelihara Tuyul, Istri Terpaksa Harus Menyusui Terus, Ini Penjelasannya

- 20 Mei 2022, 22:55 WIB
 Ilustrasi Tuyul./Instagram @sirahbaliinfo
 Ilustrasi Tuyul./Instagram @sirahbaliinfo /

PRIANGANTIMURNEWS - Tuyul (bahasa Jawa: thuyul) dalam mitologi pulau Jawa dan sekitarnya, adalah makhluk halus berwujud orang kerdil atau anak kecil dengan kepala gundul, yang dipercaya dapat mencuri uang untuk tuannya.

Mitos mengenai setan gundul pencuri uang sudah ada sejak tahun 1890-an, namun istilah tuyul baru muncul sekitar tahun 1929 setelah krisis ekonomi Depresi Besar.

Tuyul merupakan mitos yang banyak dipelajari oleh sejarawan karena masih dipercaya oleh masyarakat modern sampai sekarang.

Baca Juga: Stres? Ini Dia Tips Mengatasinya dengan Sehat

Sejarawan berpendapat bahwa awalnya tuyul muncul akibat kesenjangan sosial antara kalangan masyarakat yang agraris dengan tujan tanah dan pedagang.

Dan bantuan makhlus halus dianggap sebagai cara paling mudah untuk menjelaskan segala urusan perniagaan yang semakin rumit bagi rakyat di perdesaan yang masih tradisional.

Beberapa tahun lalu ada kasus perceraian suami istri akibat si istri sudah tidak kuat lagi:

Baca Juga: Agensi grup K-pop LE SSERAFIM Klarifikasi Tuduhan Intimidasi Kim Garam Setelah Bukti Baru. Berikut Penjelasann

"Kalau pelihara pesugihan tuyul itu korbannya istri. Sebab, tuyul itu ngempeng (maaf-menyusu) dengan mengisap darah ke istri. Saya dulu gemuk, sekarang kerempeng begini karena harus menyusui tuyul. Kalau begini terus, lama-lama saya bisa meninggal," kata Sephia.***

 

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @mistisdunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x