WHO Tanggapi Lepas Masker Usai Vaksinasi Covid-19

- 15 Mei 2021, 12:43 WIB
  ilustrasi vaksinasi Covid-19
ilustrasi vaksinasi Covid-19 /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS - World Health Organization (WHO) memberikan tanggapan terkait lepas masker di Amerika usai jalani Vaksinasi.

Dikutip priangantimurnews.com dari Reuter pada Sabtu, 15 Mei 2021, WHO mendesak setiap negara untuk mempertimbangkan kebijakan lepas makser tersebut harus melihat kondisi Corona di wilayahnya masing-masing sebelum menerapkan aturan seperti di AS.

"Negara yang ingin mencabut aturan memakai masker, itu seharusnya hanya dilakukan dalam konteks mempertimbangkan intensitas penularan Corona di daerah tersebut dan tingkat cakupan vaksinasi," tutur pakar darurat utama WHO, Mike Ryan dalan konferensi pers virtual di Jenewa.

Baca Juga: 64.612 Kendaraan Pemudik Diputar Balikkan ke Tempat Asal

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyatakan bahwa orang-orang yang telah melakukan vaksinasi bisa melepas masker. Namun aturan tersebut umumnya berlaku di luar ruangan.

Diketahui sebelumnya, Warga AS telah menerima vaksinasi Corona mRNA Pfizer hingga Moderna, dengan angka efikasi melebihi 90 persen.

Selain Amerika Serikat, beberapa negara lainnya sudah lebih dulu menerapkan aturan lepas masker usai jalani vaksinasi Corona. Salah satunya adalah Selandia Baru.

Negara tersebut dinilai sukses menekan kasus Corona lantaran memperketat lockdown hingga menutup perbatasan.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Ini, Silaturahmi Virtual Bersama Dua Putrinya yang Tak Bisa Mudik

Di Indonesia sendiri, Jubir Satgas Covid-19 menegaskan aturan tersebut belum bisa diterapkan di Indonesia.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x