Garis Waktu: Bagaimana Para Presiden AS Membela Israel Selama Beberapa Dekade

- 17 Mei 2021, 17:02 WIB
Reruntuhan bangunan di Kota Gaza setelah dibombardir Pasukan Israel melalui serangan udara sejak hari raya Idul Fitri, pada hari Kamis, 13 Mei 2021
Reruntuhan bangunan di Kota Gaza setelah dibombardir Pasukan Israel melalui serangan udara sejak hari raya Idul Fitri, pada hari Kamis, 13 Mei 2021 /Twitter@AJEnglish/

PRIANHANTIMURNEWS- Joe Biden bukanlah satu-satunya presiden AS yang mendukung Israel di tengah kritik Internasional atas operasi militer dan pelanggaran terhadap Palestina saat ini. Namun, ia, dan para Presiden AS sebelumnya juga telah menggelontorkan dana besar-besaran bagi militer Israel.

Berikut kami hadirkan garis waktu dukungan mereka terhadap tindakan kekerasan dan pembantaian Israel di Palestina selama beberapa dekade.


16 Mei 2021

Ketika jumlah korban tewas Palestina dari pemboman berkelanjutan Israel di Gaza meningkat, kemarahan dengan penanganan situasi oleh Presiden AS Joe Biden juga meningkat.

Baca Juga: Serangan Udara Israel di Gaza Terus Berlanjut, Korban Tewas Bertambah, PBB hanya Bisa Mengecam

Pada hari yang sama ketika serangan udara Israel menewaskan 10 anggota keluarga dan meratakan gedung 11 lantai yang menampung kantor media Al Jazeera dan The Associated Press, serta apartemen perumahan, Biden menegaskan kembali dukungannya yang tegas untuk Israel.

Gedung Putih pada hari Sabtu, 15 Mei 2021 mengatakan bahwa presiden AS menelepon Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk kedua kalinya sejak krisis dimulai dan "menegaskan kembali dukungan kuatnya untuk hak Israel untuk mempertahankan diri dari serangan roket dari Hamas dan kelompok teroris lainnya di Gaza".

Sementara menyerukan de-eskalasi, Washington juga gagal mendesak gencatan senjata segera atau mengucapkan kritik yang ditujukan kepada Israel.

Baca Juga: Menandai 73 Tahun Hari Nakba: Serangan Udara dan Altileri Israel di Gaza Kian Meningkat

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x