Disegani Dan Ditakuti! Inilah Fakta Jose Ramos Horta Presiden Baru Timor Leste 2022 2027

- 22 Juli 2022, 15:31 WIB
Ilustrasi Presiden Terpilih Timor Leste Ramos Horta
Ilustrasi Presiden Terpilih Timor Leste Ramos Horta /Tangkapan Layar Youtube Teknologi Populer/

 


PRIANGANTIMURNEWS - Kabar gembira menyelimuti negara yang pernah jadi bagian dari provinsi Indonesia Timor Leste.

Akhirnya Jose Ramos Horta terpilih jadi presiden Timor Leste resmi dilantik pada 20 Juli 2022 2027 setelah mengalahkan petahana Francisco Gutteres yang telah menjabat sejak 2017 hingga 2022.

Indonesia jadi salah satu negara yang menghadiri pelantikan Presiden baru Timor Leste, Lantas apa yang membuat presiden terpilih ini kembali memimpin bumi Lorosae.

Nah berikut fakta fakta Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta perjuangan Timor Leste mencapai merdeka tidaklah mudah sejak Timor Leste memilih hengkang dari Indonesia.

Pemerintahan baru Timor Leste dibantu setelah pengunduran diri Perdana Menteri Mari Alkatiri, Ramos Horta di saat sebagai penjabat Perdana Menteri oleh Presiden Xanana Gusmao.

Baca Juga: Dulu Ngebet Merdeka!! Ternyata Ini Alasan Kenapa Timor Leste Ditolak Jadi Anggota ASEAN!

Dua minggu kemudian tepatnya 10 Juli 2006 dilantik sebagai Perdana Menteri kedua Timor Leste Jabatan itu ia jalani hingga mengundurkan diri pada 25 Juni 2007 di tengah Gejolak politik Negeri.

Menjadi orang nomor satu di dalam sebuah negeri bukanlah hal mudah saudara pengalaman menaungi organisasi dan paham akan sistem birokrasi ataupun politik jadi modal penting meyakini rakyat dalam memilih Ramos Horta,

Bukan sosok baru melengser Francisco Guterres sebelumnya ia pernah menjabat presiden Timor Leste periode 2007-2012 dari jalur independen.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: YouTube Teknologi Populer


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x