Tanah Bergerak di Kawali Ciamis Puluhan Rumah Rusak, Warga Ketakutan

- 8 Januari 2021, 23:13 WIB
Seorang warga mengungsi ke tempat aman.
Seorang warga mengungsi ke tempat aman. /Pikiran Rakyat/Nurhandoko Wiyoso/

PRIANGANTIMURNEWS - Puluhan rumah rusak akibat tanah bergerak di Dusun Sukamaju, Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Jumat 8 Desember 2021.

Hingga Jumat sore bencana tanah bergerak masih terjadi. Kondisi itu tentu saja membuat warga ketakutan.

Khawatir bencana makin membesar langsung mengemasi barang yang belum sempat dibawa pindah ke tempat pengungsian.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Positif di Kab Pangandaran Meningkat

Ada yang membawa kompor berikut tabung gas, maupun perabot rumah tangga lainnya. Beberapa orang juga tampak memindahkan hewan ternak.

Tidak jauh dari tempat tersebut juga tampak tanah longsor,  sejumlah kolam ikan juga mengering, karena air berikut ikan masuk rekahan tanah.

Rumah yang ditinggalkan, sebagian di antaranya masih tampak bagus. Hanya saja lokasinya berada di satu kawasan pergerakan tanah yang semakin memanjang dengan membentuk tapal kuda. Sedangkan rumah yang lainnya dalam kondisi rusak.  

Baca Juga: Video Trump Akan di Hapus TikTok

Akses jalan menuju lokasi bencana juga ditutup untuk umum. Tidak jauh dari lokasi penutupan tampak badan jalan ambles sekira satu meter, selain itu tanah di sisi pos kamling dan masjid juga sudah longsor dan merekah lebar.

“Ini sisa perabotan yang belum dibawa, kemarin barang-barang sudah dibawa ke rumah saudara empat kilometer dari sini. Tetangga lainnya juga sudah mengungsi,” tutur Endang, warga Talagasari.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah