Pjs Bupati Pangandaran Lakukan Apel Koordinasi Siaga Bencana Daerah Rawan Bencana

- 17 November 2020, 08:22 WIB
Pjs. Bupati Pangandaran Dani Ramdhani pimpin apel pagi di Dinas Perhubungan Kab Pangandaran, Senin, 16 November 2020.
Pjs. Bupati Pangandaran Dani Ramdhani pimpin apel pagi di Dinas Perhubungan Kab Pangandaran, Senin, 16 November 2020. /By Aldi Nur Fadilah/
PRIANGANTIMURNEWS-
Pejabat sementara bupati Pangandaran Dani Ramdhan hadiri apel bersama jajaran Dinas Perhubungan Kabupaten Pangandaran yang dilaksanakan di kantor Dinas Perhubungan yang beralamat di jalan raya Cikembulan. Senin, 16 November 2020 pagi kemarin.
 
Sebagai daerah otonomi baru yang berusia 8 tahun telah membangun pondasi kuat yang diraih pemerintah Kabupaten Pangandaran. Pangandaran telah banyak berkolaborasi untuk mewujudkan daerah yang mandiri.
 
Dani mengatakan, apel bersama tersebut bertujuan sebagai ajang silaturahmi dan kunjungan kerja Pjs. bupati Pangandaran kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Pangandaran.
 
 
"Selain itu, untuk meningkatkan kesiapsiagaan Pangandaran sebagai daerah rawan bencana. Kalo tingkat provinsi dan kabupaten kita melaksanakan apel persiapan dan rapat kordinasi seperti yang sudah dilakukan," ujar Dani.
 
Dani mengatakan, pemerintah juga mendorong setiap kecamatan untuk membuka peta bencana, lalu review. Kemudian disosialisasikan ditingkat desa. "Jika sudah sampai tingkat desa, buka peta rawan bencana untuk membuka jalur pengungsi dan evakuasi untuk antisipasi bencana banjir dan longsor," ujarnya.
 
Dia mengajak Dinas Perhubungan Pangandaran untuk membantu mengontrol jalur yang rawan hingga dapat cepat respon terhadap jalur paling rawan bencana alam. 
 
Kepala Dishub Pangandaran Trisno mengatakan, masih banyak jalur masuk dari daerah tetangga yang harus diperbaiki. Secara umum memang baik, kata Trisno, jalan menuju Pangandaran itu merupakan jalan nasional.
 
"Mengingat keselamatan lalu lintas itu sangatlah penting. Tentunya sarana penunjang perjalanan itu harus secepatnya di perbaiki. Pemerintah juga sudah sediakan rambu-rambu pengingat rawan kecelakaan," ucapnya.
 
Menurut Trisno, daerah jalur yang rawan banjir dan longsor itu ada disekitaran Kalipucang, Parigi, Cijulang, rawan longsor sekitaran Emplak dan Putrapinggan.
 
"Kami berharap kepada masyarakat harus tetap waspada, mengingat sedang memasuki musim penghujan. Tetapi yang namanya bencana alam tidak bisa kita prediksikan. Karena kita sudah melakukan antisipasi pada satu titik, kadang terjadi di titik lain," ujarnya.
 
Apel pagi bersama yang bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi dan koordinasi terus dilakukan oleh Pjs. Bupati ke beberapa dinas dilingkup Pemda Pangandaran, seperti yang terpantau pada hari Selasa, 17 November 2020 ini, apel bersama dilakukan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.***

Editor: Agus Kusnanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x