Tebing Ambrol, Jalur Alternatif Bandung-Garut Via Cijpati Terputus

- 26 Maret 2021, 06:48 WIB
 Ruas jalan alternatif Bandung-Garut via Cijapari tertutup material longsoran Kamis 25 Maret 2021 sekitar pukul 03.00 pagi.
Ruas jalan alternatif Bandung-Garut via Cijapari tertutup material longsoran Kamis 25 Maret 2021 sekitar pukul 03.00 pagi. /Pikiran Rakyat /Aep Hendy S

PRIANGANTIMURNEWS - Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Garut menyebabkan tebing di Desa Rancasalak Kecamatan Kadungora Garut longsor.

Material longsora menutup badan jalan Bandung-Garut via Cijapati. Akibatnya di jalur tersebut terputus tak bisa dilalui kendaraan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Tubagus Agud Sofyan, mengatakan longsor yang terjadi di wilayah Desa Rancasalak, Kecamatan Kadungora pada Kamis 25 Maret 2021 pukul 03.00 WIB.

Baca Juga: Kunjungan Kerja Bupati Jeje dan Rombongan Disambut Hangat oleh Walikota Malang

Material longsoran berupa lumpur menutup badan jalan sepanjang 7 meter dengan ketebalan 50 centimeter. Akibatnya, jalan tak bisa dilalui baik oleh kendaraan roda empat maupun roda dua sehingga jalur alternatif tersebut sempat terputus total.

"Tebing yang ada di sebelah kiri jalan dari arah Garut ambrol sehingga terjadi longsor yang menutupi badan jalan hingga sempat terputus total. Badan jalan sepanjang 7 meter tertutup lumpur dengan ketinggian mencapai 50 centimeter," ujar Tubagus, Kamis 25 Maret 2021.

Dikatakannya, sejak Rabu malam daerah tersebut diguyur hujan deras dan lama. Longsor terjadi pada bagian tebing yang ada di pinggir jalan, bukan pada lokasi yang sebelumnya juga sempat terjadi longsor.

Tubagus menyebutkan, pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak Dinas PUPR Kabupaten Garut serta para relawan untuk menyingkirkan material longsoran dari badan jalan. Berkat kerja sama berbagai pihak, pada Kamis pagi jalur sudah bisa dilalui kendaraan kembali meskipun masih harus dilakukan sistem buka tutup.

Baca Juga: Dua Warga Terseret Banjir Bandang Luapan Sungai Citengah Sumedang, Satu Ditemukan Satu Hilang

"Saat ini jalur sudah bisa dilalui kendaraan tapi masih harus buka tutup. Jalur ini merupakan jalur alternatif yang cukup banyak digunakan kendaraan baik dari arah Bandung menuju Garut maupun sebaliknya," katanya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x