Kompleks Makam Bong Kutiong Diduga Jadi Sarang Peredaran Narkoba dan Prostitusi

- 29 Maret 2021, 06:11 WIB
Salah satu makam warga keturunan yang dimanfaatkan untuk tempat nongkrong di Bong Kutiong di daerah Penggung Kota Cirebon.
Salah satu makam warga keturunan yang dimanfaatkan untuk tempat nongkrong di Bong Kutiong di daerah Penggung Kota Cirebon. /Pikirab Rakyat/Ani Nunung

PRIANGANTIMURNEWS - Kompleks makam warga keturunan Tionghoa yang dikenal dengan Bong Kutiong di daerah Penggung Kota Cirebon diduga menjadi sarang peredaran narkoba dan prostitusi.

Menurut Wakil Ketua Komisi I Andrie Sulistyo, berbagai aktivitas ilegal di kawasan yang berstatus tanah negara bebas, sangat mengkhawatirkan.

Dari informasi yang masuk, Bong Kutiong telah menjadi salah satu pusat peredaran obat-obatan ilegal di Kota Cirebon.

Baca Juga: Mahasiswa STIA Tasikmalaya Raih Special Award Puteri Wisata Indonesia

Selain itu, aktivitas ilegal yang berlangsung di kawasan yakni keberadaan mafia tanah yang memperjualbelikan tanah di kawasan tersebut. 

Di kawasan tanah milik negara seluas 23,6 Ha tersebut, ada lebih dari 100 bangunan liar yang di antaranya digunakan untuk aktivitas ilegal. Komisi I juga menyayangkan pihak PLN yang memberikan layanan di kawasan tersebut.

Bahkan disinyalir bangunan-bangunan liar yang ada di kawasan tersebut juga dimanfaatkan untuk prostitusi.

Andri dan anggota Komisi I Dani Mardani menuding, Pemkot telah melakukan "kejahatan" dengan melakukan pembiaran atas segala aktivitas ilegal di kawasan tersebut.

Baca Juga: Jasad Pemancing yang Tenggelam di Sungai Citarum Ditemukan Tim SAR Gabungan 100 Meter dari TKP

 "Masalah ini kan sudah berlangsung belasan tahun, dan tidak ada upaya penyelesaian yang jelas dari Pemkot. Ini sama saja Pemkot Cirebon melakukan "kejahatan" karena melakukan pembiaran atas segala yang terjadi di sana," katanya seperti dikutip priangantimurnews.com dari Pikiran Rakyat.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x