Apabila Anda Mengalami Sakit Punggung Atas, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

- 23 Agustus 2021, 18:57 WIB
Ilustrasi sakit punggung.
Ilustrasi sakit punggung. /Pixabay

PRIANGANTIMURNEWS- Sakit punggung atas digambarkan sebagai rasa nyeri dan kaku yang dirasakan di bagian punggung, lebih tepatnya di antara leher bagian belakang atau tengkuk hingga ke pinggang. Sakit punggung yang dirasakan terkadang bisa cukup berat hingga membatasi aktivitas penderitanya.

Keluhan sakit punggung atas sering kali disertai dengan rasa nyeri dan tegang di bagian tubuh lain, seperti leher, bahu, lengan, dan tulang belikat. Tak jarang penderitanya juga merasakan sakit kepala tegang dan nyeri dada saat menarik napas dalam.

Nyeri pada punggung atas ini bisa berasal saraf tulang belakang, tulang belakang, otot punggung dan leher, hingga ligamen atau jaringan ikat yang menghubungkan otot-otot di punggung dan tulang belakang.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Pulo Gebang-Kelapa Gading

Berbagai Penyebab Sakit Punggung Atas
Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit punggung atas, di antaranya:

1. Duduk terlalu lama
Sakit punggung atas dapat diakibatkan oleh postur tubuh yang salah saat duduk, terutama saat duduk dalam jangka waktu lama. Keluhan ini sering kali dialami orang yang duduk seharian saat bekerja, menunduk terlalu lama saat bermain gadget, atau bepergian jauh dengan kendaraan.

Posisi tersebut dapat menekan saraf-saraf di punggung dan membuat otot punggung kaku, sehingga berpotensi membuat sakit punggung atas. Sakit pungggung atas karena posisi duduk yang kurang baik ini terkadang dapat dirasakan menjalar hingga ke lengan dan kepala.

2. Kurang olahraga
Kurang berolahraga atau jarang bergerak lama kelamaan dapat membuat otot tubuh menjadi lemah, sehingga tidak mampu menopang tubuh dengan baik. Akibatnya, tubuh akan mudah merasakan sakit punggung, baik sakit punggung atas maupun bawah.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga Premier: Arsenal Punya Kesempatan untuk Rekrut Bintang Bayern Munich dan Real Madrid

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Alo Dokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x