Demensia Dapat Menyerang Pada Usia Dini, dan Mungkin Sulit untuk Mengenali Gejalanya

- 23 Januari 2022, 09:57 WIB
Ilustrasi Seorang Pria sedang mengalami Demensia.
Ilustrasi Seorang Pria sedang mengalami Demensia. /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS- Banyak orang tidak terlalu peduli ketika seorang berusia delapan tahun kadang-kadang lupa rute terbaik ke toko favorit, tidak dapat mengingat nama teman atau penyok mobil saat mencoba parkir paralel di jalan kota yang ramai.

Bahkan otak yang sehat bekerja kurang efisien seiring bertambahnya usia, dan memori, persepsi sensorik, dan kemampuan fisik menjadi kurang dapat diandalkan.

Tetapi bagaimana jika orang tersebut tidak berusia 80-an tetapi berusia 30-an, 40-an atau 50-an dan lupa jalan pulang dari sudut jalan mereka sendiri? Itu jauh lebih memprihatinkan.

Baca Juga: Manchester City Ditahan di Southampton Saat Kemenangan Berakhir

Sementara sebagian besar dari 5,3 juta orang Amerika yang hidup dengan penyakit Alzheimer atau bentuk lain dari demensia berusia di atas 65 tahun, sekitar 200.000 lebih muda dari 65 dan mengembangkan memori serius dan masalah berpikir jauh lebih awal dalam hidup dari yang diharapkan.

Sebagaimana dilansir priangantimurnews.com dari The New York Times, “Demensia onset muda adalah diagnosis yang sangat mengecewakan karena mempengaruhi individu di tahun-tahun utama,” Dr David S Knopman, seorang ahli saraf di Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, menulis dalam editorial Juli 2021 di JAMA Neurology.

Banyak dari mereka yang menderita berusia 40-an dan 50-an, pertengahan karir, hampir tidak siap untuk pensiun dan mungkin masih membesarkan keluarga.

Baca Juga: Sevilla Frustrasi Lagi Setelah Ditahan di Kandang oleh Celta Vigo

Demensia pada orang dewasa yang lebih muda sangat traumatis dan menantang bagi keluarga untuk mengakuinya, dan banyak dokter yang berpraktik gagal untuk mengenalinya atau bahkan mencurigainya sebagai penyebab gejala yang mendasarinya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: The New York Times


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x