Selama Ramadhan Penderita Diabetes Harus Perhatikan Menu Buka dan Sahur

- 21 Maret 2022, 20:28 WIB
Buah-buahan sangat bagus untuk berbuka mau sahur bagi penderita diabetes
Buah-buahan sangat bagus untuk berbuka mau sahur bagi penderita diabetes / thehealthy.com/

PRIANGANTIMURNEWS - Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan 1443 Hijiriyah, tentu harus mempersiapkan sejak dari sekarang untuk menyambutnya.

Saat sahur nanti harus diperhatikan makanan yang baik untuk dikonsumsi, khususnya bagi penderita diabetes.

Ahli gizi Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM dari RSCM menilai ragam makanan ini yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita diabetes saat puasa di bulan Ramadhan.

Baca Juga: Bangga! Bagas dan FIkri Juara All England Open 2022

"Untuk komposisi makanan saat berbuka, bisa berbuka dengan satu porsi buah segar, boleh pepaya, melon, pisang atau lainnya dan minumlah segelas air putih, kemudian sholat maghrib," kata dia, Senin 21 Maret 2022 dikutip dari Antara.

Dia menjelaskan, selain itu, makan utama sama seperti hari biasanya yakni dengan mengonsumsi nasi, lauk hewani, lauk nabati, sayur dan buah-buahan.

Seusai sholat Tarawih, penderita diabetes bisa mengonsumsi makanan ringan. Seperti roti isi selai kacang atau satu porsi buah-buahan.

Baca Juga: 4 Cara Mendukung Seseorang Yang Berjuang dengan Masalah Kesehatan Mental

"Makan sahur haruslah cukup sebagai simpanan energi agar dalam keadaan puasa diabetisi (yang mengalami diabetes melitus) tetap dapat melakukan aktivitas seperti biasa," katanya.

Pola makan yang baik, bagi penderita diabetes yakni asupan dengan jumlah serat yang cukup. Untuk membantu menjaga kadar gula normal.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x