Jangan Dibuang! Manfaat yang Terkandung dalam Jeruk Bali, Salah Satunya adalah Kulitnya

- 30 Desember 2022, 07:17 WIB
Jeruk Bali dan manfaatnya.
Jeruk Bali dan manfaatnya. /Freepik/

PRIANGANTIMURNEWS– Jeruk Bali menjadi buah yang sempat trending topik pada tanggal 29 Desember 2022 kemarin. Pasalnya buah tersebut memiliki banyak manfaat yang terkandung, mulai dari buah, biji dan bahkan juga kulitnya yang biasanya kita buang.

Jeruk Bali yang tumbuh di Asia Tenggara, merupakan produk asli lokal negara Indonesia. Buah yang dikenal dengan nama ilmiah Citrus Maxima yang berasal dari spesies genus Citrus atau jeruk, sebenarnya tidak benar-benar berasal dari Pulau Bali

Sentra produksinya sendiri berasal dari Pulau Jawa, yang tepatnya berada di daerah Pati, Kudus, Magetan, dan Madiun. Namun terdapat juga produksi jenis jeruk ini di Bali di daerah Kintamani dan Bangli. Saat ini Jeruk Balik tersebar ke penjuru Asia Tenggara seperti negara Thailand.

Baca Juga: Fakta di Balik Kemegahan Masjid Al Jabbar, yang Akan Jadi Ikon Jawa Barat

Jeruk bali memiliki kulit dalam dan luar. Kulit luar berwarna Hijau kekuningan, sementara kulit dalam berwarna putih. Buahnya sendiri dilapisi oleh kulit ari yang tebal dan berwarna putih.Bulir dalam daging berwarna putih agar kemerahan dan ada juga yang merah keorenan.

Buah Jeruk Bali berbulir putih lebih cenderung terasa manis dan sedikit pahit, sementara untuk bulir berwarna merah terasa asam dan manis. Jeruk Bali banyak digemari salah satunya karena manfaatnya yang terkandung didalamnya.

Kandungan dalam Jeruk Bali

Di dalam buah Jeruk Bali sendiri banyak terkandung nutrisi dan manfaat bagi tubuh manusia diantaranya adalah:

1)      Mengandung banyak serat, yang dapat memperlancar proses pencernaan

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x